RSS

Arsip

Sampingan
raket nyamuk

Raket Nyamuk Beraliran Listrik

ANDA mungkin sedang berpikir!? apa maksud/hubungan antara gambar pada artikel ini dengan judul yang saya buat. Kalo-lah anda berfikir bahwa saya akan menulis tentang raket nyamuk (electric fly swatter) ini, maka ada benarnya, namun tidak sejauh yg anda bayangkan namun sudah diketahui sendiri sejak kemunculan alat ini menjadi sarana bagi kemudahan kita dalam mengatasi banyak nyamuk yang mengitari, mengganggu dan membuat kita kesal. Berbicara tentang nyamuk (Mosquitoes) pastilah beberapa orang jengkel, mungkin anda sendiri bertanya kenapa Tuhan menghadirkan nyamuk kedunia ini. Apakah selama ini anda telah menemukan pelajaran? saya rasa tidak, tidak ada orang yang ingin merasakan akibat dari gigitan nyamuk, penyakit yang disebabkan oleh nyamuk adalah demam berdarah, Cikungunya dan penyakit kulit lainnya, mungkin yang paling parah adalah HIV Aids lah nyamuk menyebarkan virus dari binatang ataupun manusia. Nyamuk menyedot darah kita, dalam keadaan suka ataupun tidak, karena itulah sumber kehidupan nyamuk, indra penciuman nyamuk dapat mengetahui keberadaan anda dalam gelap ataupun terang, nyamuk mencium bau tubuh dan sensor hawa panas yang dihasilkan oleh manusia. Oleh karena itu, pendingin udara (AC) pun pada kenyataanya tak sanggup mengusir nyamuk, dalam hal inilah bermunculan produsen pengusir ataupun pembunuh nyamuk.

Produk Pembasmi Nyamuk

Berbagai merek pembasmi nyamuk hadir di pasaran dengan bermacam variasi produk yang sedikit mengiurkan, ada obat semprot, obat bakar maupun obat bakar dengan pemanfaatan listrik yg 5watt. Semua ditawarkan kepada masyarakat, namun tidak semua produk itu ‘berhasil’ dalam mengusir atau membasmi nyamuk, semua tergantung tingkat kekuatan aerosol yang katanya mengandung bahan yang kurang bersahabat terhadap sistem pernapasan manusia khususnya si kecil bagi anda yang memiliki bayi-balita. Sudah sepatutnya kita untuk berhati-hati dalam memilih produk yang terbaik (bukan berarti termahal) dalam membasmi nyamuk, jika perlu pilihlah produk Indonesia agar negara semakin bertambah pendapatanya. 

Penemuan Raket Nyamuk atau  electric fly swatter 

Cara termudah untuk membasmi nyamuk yang mengitari kita adalah menggunakan telapak tangan kita, betul tidak?! Namun rasanya tidak efisien juga jika kita selalu menggunakan tangan kita, rasa perih dan lelah dapat terjadi akibat kerasnya kesal berlebih  disaat kita membunuh nyamuk tersebut, alih-alih bisa saja kita keseleo akibat salah posisi tepukan berlabuh antara telapak tangan. Penemuan raket nyamuk menjadi solusi yang mudah dan menyenangkan (hahaha) sembari membasmi nyamuk kita bisa melatih otot dan juga instinct (bahasa gaulnya insting bahasa alaynya instink) kita terhadap bahaya laten nyamuk… (wadezig). Dirasakan atau tidak ada perasaan senang ketika kita berhasil membabat habis nyamuk dengan menggunakan alat tersebut, meski dengan penuh amarah kita melakukannya.

Pada prinsipnya banyak sekali alat pembasmi nyamuk, baik model, bentuk, jenis dan macamnya! semua dihadirkan untuk mengatasi satu masalah yang paling menganggu kenyamanan yaitu ‘nyamuk’. Disamping itu rasanya pemerintah telah membuat anjuran dalam bentuk selogan atau petunjuk seperti “3M” alah lupa juga singkatannya dari apa yg pasti lingkungan berpengaruh terhadap kondisi keberadaan atau kehidupan nyamuk, untuk anda yang berada di sumber nyamuk seperti rumah di samping selokan kecil beserta sawah mungkin terlampau sulit untuk membasmi nyamuk selain dengan “fogging insect” yang biasa diberikan oleh kelurahan ataupun kecamatan.

Our Electricity Corporation Doing

Berbicara tentang alat beraliran listrik maka kitapun akan tertaut dengan perusahaan penghasil listrik negara PLN, Meski memang bukan hanya mereka yang melakukannnya, namun saat ini seringkali mereka melakukan pemutusan secara sepihak diwaktu dan jam yang sama setiap hari. Kembali pada hal yang menjengkelkan, perilaku yang dilakukan oleh mereka termasuk jenis kelakuan nyamuk yang mengganggu kenyamanan. Dengan alasan apapun mereka sepatutnya untuk memberikan pemberitahuan terlebih dahulu kepada pelanggan, karena banyak barang elektronik kita yang akan rusak jika sering dilakukan pemutusan. contoh yang paling rawan kerusakan adalah komputer, waduh.. bisa terus perawatan dan penggantian jika salah satu hardware-nya rusak.

Saat ini musim kemarau, banyak orang yang memiliki hobi bermain “layangan” menjadikan musim ini menjadi waktu penerbangan terbaik. Mereka dengan senang hati menyediakan waktu sekitar 1-3 jam untuk beradu layangan ataupun hanya ngabandangan, namun inilah salah satu olahraga selain mancing yang memiliki pengaruh besar terhadap pemanfaatan waktu. Sebuah hiburan yang menyenangkan namun sangat membahayakan kulit apalagi terhadap jaringan listrik yang membentang sepanjang daerah. Oleh karena itu perusahaan listrik negara pun memberikan peringatan dalam bentuk baligho dan spanduk di beberapa lokasi yang sering dimandaatkan untuk bermain layangan meski di loteng rumah pun itu bisa dilakukan. “Musuh” bemain layangan selalu menanti dan layangan adalah salah satu musuh terbesar perusahaan listrik negara tersebut, karena ketika benang layangan terkaitan pada kabel jaringan dan merusak tak ayal satu lingkungan akan padam, tergantung berapa besar cakupan trafo yang disimpan di lokasi terjadinga konslet.

Inilah hal menjengkelkan itu terjadi, dengan alasan layangan mereka memutihkan pemadaman yang dilakukan setiap hari di waktu yang sama, dan hal itu terjadi tidak lama mungkin paling cepat adalah 1 – 5 menit berlangsung setelah itu aliran listrik menyala kembali kerumah-rumah. Sama halnya seperti nyamuk perilaku ini perlu di basmi namun hal itu cukup sulit karena kita “sangat” membutuhkan pasokan listrik di rumah kita, namun dalam hal ini perilaku yang dilakukan oleh mereka termasuk pelanggaran terhadap kenyamanan dan kepuasan pelanggan. Dan seharusnya konsumen bisa menuntut, namun laporan di koran pun tak mampu menggugah perasaan para pengisi kursi di meja listrik itu, malah mereka mencoba melakukan pencitraan terlebih dahulu melalui media massa yang ada di setiap daerah. Sesuatu hal yang wajar dilakukan karena konsumen perlu diberikan iklan tentang hal tersebut, meski tujuannya bukan untuk mengelabui, namun untuk memanjakan pelanggan dengan keunggulan ataupun capaian yang diberikan sehingga efek negatif yang terjadi bisa sirna dengan adanya pemberitaan tersebut.

Dibalik semu itu perlu lah kita sadarkan diri bahwa negara ini sudah terjebak dalam hutang dan kredit, kedua hal itu suatu saat haruslah tejadi pengembalian ataupun pelunasan. Semakin hari bertambah maka batas waktu haruslah dapat dipenuhi, oleh karena itu jika deadline sudah didepan mata, maka pelunasan harus segera dilakukan.. Bagi sebuah perusahaan segala cara dapat dilakukan tak terkecuali oleh perusahaan negara juga, coba anda melihat dari semua perusahaan negara manakah yang berpihak kepada kesejahteraan yang adil dan beradab, jika anda sudah sadar maka pertanyaan saya, kapan kita akan mengadukan atau menagih hak yang seharusnya kita dapatkan dengan layak, jikalau hal itu belum terasa adil, maka bersiaplah untuk selalu menyisihkan uang kita dengan nama “pajak” agar negara ini terlepas dari lilitan hutang, karena setiap diri yang lahir dinegara ini sudah mendapatkan NPWP yang secara langsung dicatat pada buku pemerintah dimana cepat atau lambat harus dibayar.

Between Mosquitoes and Our Electricity Corporation

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 11, 2011 in WIL-I-HIS

 
Sampingan
Kampung adat

Kampung naga di kabupaten tasikmalaya

“From Village We Restore The World”. Inilah tag atau catatan kecil yang membuat diriku harus memutar otak lebih dari pagi sampe sore dalam beberapa hari terakhir, yah Desa (Village) sebuah daerah terkecil dari suatu negeri. Apabila dalam ilmu nuklir ada atom dimana terdapat inti atom, maka dalam kehidupan masyarakat ada desa yang di dalamnya terdapat dusun, kapoeng dan atau lainnya.

Dari beberapa artikel tentang desa yang saya baca! banyak sekali tulisan-tulisan yang mengharapkan atau menitik-beratkan bahwa pembangunan haruslah kembali ke Desa, desa sebagai katalisator pembangunan daerah. Hal ini agar desa terberdayakan dalam segala aspek; baik itu ekonomi, infrastruktur, sosial kemasyarakatan, budaya khususnya kesejateraan bagi masyarakat desa. Sebagian masyarakat desa telah berpindah (urbanisasi) dari desa ke kota untuk mendapatkan kehidupan yang layak baik dalam hal pendidikan maupun materil, hal inilah yang menyebabkan desa semakin ditinggalkan yang artinya menjadi terbelakang.

Dilihat dari segi kebudayaan desa memiliki berbagai macam corak, keragaman yang dimiliki, tentu saja hal ini yang menjadi keunggulan bagi masing” desa sebagai senjata untuk menunjukkan perbedaan terbaik yang dimiliki oleh-nya. Dalam artikel yang saya baca, ada harapan bahwa setiap desa memiliki produk unggulan yang dapat dijual, hal ini dapat berupa produk apapun misalnya makanan, kesenian, hasil alam, dll. Hal ini diharapkan agar desa mampu membuat roda perekonomian di desa berjalan dengan baik.

Saat ini para pejabat dan juga politisi menyadari betapa pentingnya mengembangkan desa, desa yang sejatinya memiliki kaum pemilih yang banyak dalam pemilu ini menjadi magnet bagi ‘orang” yang berkepentingan’ untuk mendapatkan dukungan suara. Hal ini berarti bahwa kesadaran para petinggi untuk memperhatikan rakyat semakin mengena, “mungkin saja ada U dibalik B” dari program yang digulirkan! namun wajar saja hal ini menjadi perhatian karena kalo kita sadari dalam hal teknologi, ketika hape maupun televisi sudah masuk ke desa berarti arus telekomunikasi menjadi semakin cepat dan mudah. Hal ini tanpa kita sadari desa akan secara berangsur akan dekat terhadap arus/gejolak politik, akan dengan cepat sampai ke desa. Jikalau saja pemerintah daerah masih saja menjadikan desa sebagai objek pembangunan bukan sebagai pelaku pembangunan, akan terjadi berbagai macam gejolak ketidakpuasaan terhadap pemerintah daerah.

Disinilah hal penting desa bagi kehidupan dunia, seperti yang saya paparkan diatas mengenai atom, sebuah atom merupakan bagian kecil penting penyusun partikel, dan partikel akan menyusun sebuah bentuk benda sesuai apa yang diharapkan. Maka dari itu untuk memajukan/memulihkan dunia mulailah dari desa karena desa lah sebagai bagian paling kecil dari dunia, dimana ketika perkembangan desa baik sehingga akan tersusun kecamatan, kabupaten, provinsi dan juga negara yang baik pula. Dalam hal ini pemerintah daerah dan juga pusat haruslah memperhatikan desa dengan proporsional sesuai dengan adat dan arah perkembangan desa, dengan kata lain karena keunikan dan keragaman desa maka perlu perlakuan khusus yang berkesinambungan agar tercipta sebuah desa ataupun semua desa dengan karakter unggul yang tersimpan di dalamnya.

Semoga saja dengan banyaknya perhatian pemerintah kepada desa, maka desa benar” akan berubah kesejahteraannya, baik dari perangkat desa juga masyarakat dalam segi ekonomi, pendidikan, kesehatan, materi dan spiritual .

“Ada satu hal kecil dari apa yang saya alami sendiri ketika berada di di desa yaitu keindahan alam, keselarasan, keharmonisan dan kekeluargaan itu sangatlah terasa sehingga menjadikan kita nyaman”

From Village We Restore The World

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 28, 2011 in WIL-I-HIS

 

Tag: , , , , ,

Sampingan

3 Preception of hand

What were you think about the google picture, get your own opinion? And Share it….

Tak terasa Tahun 2011 telah datang dan saat ini kita sudah masuk di akhir bulan januari. Ketika saya mengakhiri tahun 2010 maka saya melakukan pendalaman diri atas apa saja yang telah saya lakukan/perbuat selama 1 tahun itu sehingga dengan pendalaman diri akan muncul jiwa baru yang siap menghadapi tantangan di tahun baru. Saat itu saya tersadar akan kinerja yang selama ini dilakukan setiap hari, kalo melihat kebelakang maka sedikit pasti ada perubahan kinerja yang kita kerjakan setiap berganti tahun, dan kinerja itu lah yang terus harus diasah atau ditingkatkan oleh kita. Maka dari situ muncullah kata ‘resolusi’, dan untuk memulai tahun baru 2011 kita sangat perlu untuk membuat resolusi selama setahun kedepan agar hari-hari yang kita lalui memiliki arahan yang jelas dan fokus, karena dengan membuat resolusi secara tidak langsung kita membuat visi dan misi perjalanan hidup kita dalam setahun kedepan.  Mungkin saja anda sudah memiliki rencana lima tahunan atau sepuluh tahun, seperti yang dipaparkan oleh beberapa penulis atau trainer/motivator tentang cara merancang hidup, akan tetapi resolusi tahunan merupakan sebuah perencanaan jangka pendek anda sehingga dapat dilihat berapa besar bukti pencapaian anda terhadap resolusi lima tahunan dan atau sepuluh tahunan.

Untuk itu sudah seharusnya kita membuat daftar resolusi dengan semua prioritas dan jangka waktu tertulis, jika anda memiliki banyak resolusi di tahun 2011, biarkan semua tertulis dan jika perlu orang lain pun mengetahui, karena dengan itu kita jadi lebih semangat menjalani ataupun mencapai setiap resolusi kita. Hal ini dapat menjadi cerminan bagi diri kita, apakah kita telah selalu berada pada jalur visi dan misi (resolusi) yang dibuat atau sedikit banyak telah melenceng dari arahan awal kita. Skala prioritas pencapaian menjadi hal yang harus dapat dipertimbangkan, mana yang akan anda capai dahulu dari beberapa resolusi anda dan pastikan bahwa hal yang mudah harus didahulukan, karena itu akan menjadi momentum awal penyemangat anda dalam menggapai resolusi berikutnya,  juga tidak lupa hal penting pasti harus didahulukan. Disini anda dan saya pun akan belajar bagaimana menentukan (decision making) dalam pengambilan keputusan. Setiap keputusan pasti ada resiko baik dan buruknya, maka kita harus pintar dalam menentukan resiko terburuk dan resiko terbaik, karena dengan itu maka resolusi kita berada pada jalur yang tepat.

Apa Resolusimu di tahun 2011? itu mungkin pertanyaan dari beberapa motivator yang ada di tanah air ini, dan apabila kita sudah memilikinya sebutkan dan sampaikan meskipun itu hanya dalam pikir dan hati kita. Tanamkan resolusi itu sehingga kita sadar setiap kali kita melenceng dari resolusi yang telah kita tetapkan. Salah satu resolusi saya di tahun 2011 adalah ingin lebih banyak berbagi dalam hal apapun, dan salah satunya adalah melalui blog-ini, anda pasti memilikinya juga atau lainnya. Semoga kita mampu membawa visi misi kita untuk menjadi manusia yang berguna bagi apapun.

Start A New Resolution

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 24, 2011 in WIL-I-HIS

 

Tag: , ,

Sampingan

Tujuan merupakan sebuah jalan akhir yang ingin/harus dicapai oleh setiap orang/golongan, dan untuk mencapai sebuah tujuan diperlukan suatu proses yang telah direncanakan. Dalam setiap bidang maupun sisi kehidupan selalu akan lebih baik jika ada perencanaan jikalau kita akan melaksanakan suatu kegiatan/acara. Untuk itu dibutuhkan suatu proses lain di luar proses pencapaian tujuan yang terfokus pada persiapan menjalankan program/kegiatan. Rencana (plan) merupakan suatu bagian proses yang harus di lalui untuk mencapai tujuan yang kita inginkan, sebuah perencanaan yang baik selalu mengantisi pasti kegagalan yang buruk dikarenakan kesalahan alur dalam perencanaan.

Pada tulisan ini yang akan saya ceritakan adalah tentang merencanakan rencana untuk gagal. Menurut beberapa trainer terlatih dan kompeten kegagalan adalah kemenangan yang tertunda, dan setiap kegagalan pasti ada kesalahan dalam perencanaan maupun pelaksanaan (my-own). Setiap kegiatan/program pasti akan mengalami suatu kendala/masalah dan lain sebagainya, maka dari itu dalam proses perencanaan kita patut memasukkan setiap kendala/hambatan/masalah yang mungkin terjadi pada saat kegiatan/program dilaksanakan. Bagaimana bisa kita melakukan perencanaan rencana untuk gagal, hal ini dapat terjadi jikalau kita tidak selalu mempertimbangkan faktor x,y,z dari mulai kendala yang kecil sampai kendala yang besar. Ketika ada dari ketiga faktor itu yang tidak terisi maka bolehlah kita sebut bahwa kita telah merencanakan rencana untuk gagal.

Saya ingin mencontohkan wp yang saya miliki ini, pada awalnya saya membuat blog ini adalah untuk menuliskan setiap keluh-kesah, unek-unek, opini dan pandangan yang saya miliki untuk dibagikan kepada wp/blogger dan juga pembaca atau pengguna internet. namun konsep yang saya miliki tidak cukup kuat, misalnya pada intensitas penulisan, rencana awal saya harus meng-posting setiap pekan di hari yang sama, akan tetapi hal ini tidak dapat terlaksana karena kesibukan dan kondisi pribadi yang kurang baik, ditambah juga dengan seringkali ketidak percaya diri untuk menghasilkan sebuah blog yang mampu mengundang user untuk berkunjung dan membaca tulisan di blog ini, mungkin hal ini disebabkan ketidakfokusan saya dalam mengurus blog wp ini. Lalu ketidak konsistenan bahasa yang digunakan, seringkali saya menulis Judul dalam bahasa inggris dan tulisan di dalamnya dalam bahasa nasional Indonesia. Saya memang tidak merencanakan blog ini harus seperti apa akan tetapi mungkin saja diantara pembaca blog ini tidak nyaman dengan hal ini sehingga membuat user enggan untuk masuk. Disinilah saya ternyata telah membuat blog dengan rencana untuk gagal. Satu hal lagi adalah dalam penulisan isi, saya merasa tidak terkonsep sekali, kadang saya memiliki topik untuk di bagikan di blog ini kadang tidak, hal ini membuat kebingungan dan akhirnya topik itu tak kunjung di post-kan sungguh memalukan memang namun hal ini akan menjadi pelajaran berharga bagi saya, karena di dunia blog ini masih newbi lah saya di banding blog/wp lainnya.

Untuk itu melalui tulisan ini saya sedang mengajarkan diri saya sendiri sembari secuil tulisan untuk diberikan kepada pembaca bahwa “merencanakan Rencana untuk Gagal” adalah buah keberhasilan dari ketidaksiapan kita untuk mencapai tujuan maksimal. Sehingga jika kita melakukan hal itu bolehlah kita sebut bahwa kita akan berhadapan dengan kendala yang besar, akan tetapi dari situ kita akan selalu belajar dari kesalahan perencanaan yang kita buat sendiri. Semoga melalui tulisan ini kita tidak menjadi ahli dalam merencanakan rencana untuk gagal.

Merencanakan Rencana Untuk Gagal

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada Desember 28, 2010 in WIL-I-HIS

 

Tag: ,

Sampingan

Hari Kemaren mungkin hari yang kurang menyenangkan bagi adidoel karena mendengar beberapa hal yang berkaitan dengan kondisi rumah dan juga bertali dengan kebijakan yang diberikan oleh Pemerintah melalui lembaga yang menguasai hajat hidup masyarakat. Tepat di tanggal 14-12-10 ( anda bisa kurang dari kiri ke kanan maka ada angka 2 disitu dihasilkan dari tiap pengurangan) PLN secara sadar menyadarkan beberapa masyarkat di seluruh Indonesia Khususnya di Kota bandung, dengan kebijakan Pengumpulan Biaya kenaikan Harga tarif dasar listrik pada akhir Bulan. Yang menyebabkan adidoel menjadi gamang adalah karena hal ini berkaitan di akhir tahun dan di masa dimana pemerintahan eSBeuYe sedang getol dengan program kenaikan BBM subsidi dan peruntukkannya bagi masyarakat yang mampu atau menengah keatas. Pun pada perusahaan dengan tegangan tinggi ini, dikala sang dirut sedang asik di pulau AMBON, dengan serta merta mereka malakukan pengumpulan uang di akhir tahun, entah mengapa jika saya harus merunut seharusnya pelanggan diberikan pengertian dan pemberitahuan bahwa per desember maka ada kenaikan beban biaya listrik yang akan di gabung dari sejak bulan dijatuhkannya keputusan kenaikan beban listrik itu. Yang paling miris dikatakan bahwa ada kesalahan pencatatan terhadap kenaikan itu sehingga jika ada penggunaan 3000 watt dan yang sebenarnya adalah 4000 watt maka kesalahan pencatatannya itu adalah 1000 watt, miris memang ketika hal itu dikatakan seperti itu, karena sejatinya ketika ada kesalahan pencatatan maka yang bersalah bukan pelanggan, melainkan petugas yang mencatat, kalau pun harus dibuktikan maka perlu proses hukum bagi pelanggan untuk bisa melawan kebijakan PLN ini.

Sesuatu yang tidak wajar terjadi disini, beban kenaikan yang diberikan adalah sekitar 30 – 50 %, adapun yang dikenakan bagi pelanggan mulai dari 3500 watt. Jumlah kenaikan yang sangat tidak wajar meskipun rata” industri atau usaha itu menggunakan 3500 watt, dengan kata lain jika si empunya rumah biasa membayar per bulan 600-800 ribu per bulan maka kedepan dia akan membayar sekitar 900-1200 per bulan! WOW…. Kenaikan yang sangat hebat bukan! di sinilah letak kebiadabannya, dulu pernah dikatakan bahwa kenaikan hanya berkisar 10 – 30 % nyata toh sekarang tanpa sepengetahuan si empunya rumah mereka dengan jas besinya menaikkan harga dengan sepihak. Sampai sini jadi berfikir ada apa kebijakan ini terjadi, kasihan masyarakat meskipun mereka mampu akan tetapi kenaikan ini cukup membuat kaget dan pusing.

Semoga saja hal ini tidak terjadi pada permasalahan yang sedang hangat yaitu isu pembatasan BBM bersubsidi bagi kalangan mampu. Memang masih banyak polemik akan tetapi seharunya masyarakat di buat menjadi lebih waspada, jika hal ini ditunda pun maka masyarakat harus lebih dulu tahu dan dibuat aware akan adanya perubahan ini, sehingga mereka dapat dengan santai memperriapkan perpindahan dan pengaturang biaya kehidupan di negeri tercinta ini dengan tenang dan terkendali. Kita berharap semoga pemerintah mampu memberikan kebijakan yang mendukung dan mensejahterakan hajat hidup masyarakat Indonesia.

Ayo Pemerintahku Buat Rakyatmu Bangga Pada Negeri Yang Kaya Raya Ini

Yesterday, PLN (in my anoying day)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 15, 2010 in Uncategorized

 

Tag: , ,