RSS

it’s all about Premium (BBM Indonesia)

27 Mar

BACA NIH MAHASISWA!
Ni baru BM yang memajukan, asal bisa dipertanggung jawabkan!

Seputar pembuatan minyak, pernah kepikir gak kenapa sih bensin itu mahal? *sekedar wawasan, biar pikiran kebuka*

1. Harga minyak mentah dunia meroket guys, lebih dari 100 dollar per barrel. Indonesia memang penghasil minyak, tapi pada tau gak kalo yang kuasain sumur2 itu kebanyakan perusahaan luar? (Chevron dll) jadi kalo Pertamina mau olah itu minyak juga harus beli lho!! Makanya harga minyak mentah pengaruh banget ma harga bensin kita. Kita juga impor arabian crude oil buat produksi pelumas dan lilin serta aspal.

2. Pengolahan crude jadi bensin itu mahal coy. Selain ribet, harus di destilasi dan di striping, dia juga butuh reforming *penaikan bilangan oktan* biar oktannya sesuai. Dan itu MAHAL. Butuh katalis (satu drum = 300 juta) padahal d reaktor ada 700 m3 katalis yang berarti bisa ratusan drum. Dan itu diganti tiap bulan minimal 1 drum. Belum lagi butuh daya besar untuk bangkitin energi penjalan pabrik.

Pemerintah sudah sngat meminimalisir kenaikan harganya Jadi kalo harga menjadi 6000-an per liter itu udah termasuk MURAH. Ya bayangin aja. Harga mentahnya aja 100 dollar per barrel (1 barrel = 160 liter) berarti 1 liternya 5600 rupiah. Belum Diolah lho itu. Harusnya harga bensin itu 11000an agar pabrik untung. Emang kita disubsidi sama pemerintah, tapi apa iya mau manja2an mulu? Gak malu? Udah manja2an, masih  protes2 pula. Jadi BE SMART ya..

Kalo gak tau gimana susahnya buat bensin gak usah berkoar2 protes kenaikan BBM. Yang bekoar2 itu jangankan ngerti suruh buat bensin. Perngertian bensin aja belum tentu paham..

Be Smart ya, jadilah bangsa Indonesia yang Cerdas. Bantu pemerintah kita,  jangan protes aja bisanya..
Buat yang punya kendaraan roda empat, plis deh. Beli mobil ratusan juta mampu, masa’ beli pertamax ga mampu. Maunya disamain sama rakyat jelata yang disubsidiiiiii mulu.
Maju Indonesia!!!
*teruskan broadcast ini! Biar yg mengaku mahasiswa2 intelek semua ngerti!

 Image Baru saja saya mendapatkan pesan dalam aplikasi BlackBerry Messenger, tentang hal tersebut diatas. Coba kita simak apa maskud dari hal tersebut, kenapa tujuannya kepada Mahasiswa yang notabene hidupnya adalah dari orang tua, setiap tahun mereka harus meminta bantuan keuangan kepada orang tua minimal 1 sampe 3 juta perbulan mereka butuhkan termasuk dalam mengkonsumsi BBM (baik bensin dan juga akses komunikasi). Saya rasa mahasiswa yang selalu di support oleh orang tuanya tidaklah akan terlalu mempermasalahkan kebijakan yang di ambil oleh pemerintah pada 1 April 2012 itu (this day is known as mopping time-red), hal ini karena permasalahan yang ada bagi orangtua mereka yang berlibah tidak akan terlalu berakibat fatal terhadap keberlangsungan hajat hidupnya di dunia. Namun, coba perhatikan lah disekeliling anda! masih banyak masyarakat yang bergantung pada bahan bakan minyak jenis premium (yang katanya disubsidi oleh pemerintah juga berdasarkan bbm diatas) akan keleper-keleper bagaimana caranya mengatur keuangan agar segala kebutuhan hidup baik kerja, makan, gerak dan tinggal mereka dapat terpenuhi dengan meminimalisir permasalahan hutang dan kredit. Mereka akan menjerit ketika mereka sadar harga telur dan minyak sayur naik, sembako, harga tarif angkutan naik, dan biaya-biaya lainny seiring kperubahan harga yang dikeluarkan terhadap harga konsumsi masyarakat menjadi Rp.6.000,- per liter. Sebuah permasalahan kompleks dan sangat sistemik lebih berbahaya dampaknya dari kasus sistemik lain yang uangnya bisa dikatakan dicuri oleh sebagian pihak (anda tahu-saya diem-red), dibalik itu semua pastilah ada kepentingan yang bermain. Kalolah kita telusuri sedikit akan banyak berita-berita terkait hal ini, baik di media atau pun disitus-situs lainnya, ada yang pro terhadap kebijakan itu dan ada yang kontra dengan kebijakan itu.

Muncul pertanyaan adakah mahasiswa disana yang pro ataupun kontra?? Saya yakin ada banyak jutaan mahasiswa yang kontra terhadap kebijakan tersebut, lalu bagaimana yang pro!? seperti yg saya sebutkan diatas bahwa kebanyakan yang pro adalah mahasiswa yang tidak perlu berusaha untuk mencukupi biaya disaat mereka kuliah (berlebih-red). Dan sebagian besar yang ikut berdemo meski pada pelaksanaan dalam jumlah dikit sisanya kontra tapi malu-malu itu merasa terbawa emosi untuk menolak kebijakan pemerintah itu. Lalu apa hubungannya bbm yg dikirim tersebut (tulisan di awal posting) ditujukan kepada mahasiswa, itu semua agar mahasiswa bisa paham atas hitungan-hitungan mereka dan mengerti untuk tidak melaksanakan aksi demo untuk menolak kebijakan tersebut. Mahasiswa adalah lidah dari masyarakat. banyak aksi yang melibatkan mahasiswa dalam ketidaksesuaian atas keputusan pemerintah, karena mereka adalah alat dari suara masyarakat. Oleh karena itu setiap aksi demo pasti melibatkan mahasiswa, buruh dan masyarakat sipil yang benar ingin berdemo serta ormas-ormas yang merasakan ketidakbijakan pemerintah terhadap setiap kasus yang melibatkan (menyengsarakan) masyarakat.

Berkaitan dengan perubahan harga alias kenaikan harga bbm sebesar 1.500 rupiah per liter tersebut pasti berpengaruh terhadap daya beli masyarakat, dimana masalah bagi pengusaha dalam hal penggajiam, upah dan tunjangan, begitupula terhadap harga barang dan jasa yang mengikuti harga penggunaan bahan bakar minyak. Pada kesempatan ini izin kan saya untuk menolak kebijakan tersebut, dan saya yakin penolakan ini benar bagi kepentingan seluruh masyarakat Indonesia di Seluruh Nusantara  dan memperhatikan sebagian besar masyarakat miskin yang kesulitan bersaing dalam era globalisasi produksi barang maupun jasa. semoga saja dikemudian hari ada kelompok yang sanggup mengembalikan rakyat Indonesia dari jeratan hutang -wallahu rabbi-

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 27, 2012 in WIL-I-HIS

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: