RSS

Pricing The Safety Helmet

14 Mar

Salam,
Rasanya sudah lama Wp ini tidak ditulis-post apapun, karena beberapa kesibukan yang dialami selama 1 bulan kebelakang, akhirnya wp ini mengudara tanpa nyawa.  Kali ini saya akan share sedikit tulisan mengenai bagian paling penting dari sebuah cara berkendara sepeda motor, yaitu pengaman bagian kepala kita Helm (Helmet).

Kita tahu bahwa kepala merupakan aset terbesar dari bagian tubuh kita, karena disananya letak dimana kita berfikir dan bekerja. Maka perlu kiranya kita untuk melindungi dari benturan keras, dari benda atau kecelakaan yang fatal. Menurut pengalaman pribadi rasanya penggunaan helm itu cukup ‘ribet’ baik dikala kita santai maupun disaat kita terburu-buru, namun tanpa disangka karena prilaku ribet itu akhirnya pak polisi yang baik hati itu akan meniilang kita karena tidak menggunakan helm. Perlu kita sadari juga bahwa helm memiliki dua fungsi yaitu pelindung dan gaya, saat ini berbagai macam helm baik jenis, fungsi, gaya, merk, harga dan standar hadir di negeri tercinte ini, sekitar 2 – 3 tahun kebelakang industri pembuatan helmet terus berkembang. Hal ini dengan didukung oleh peraturan lalu lintas baru yang disepakati antara pemerintah, polisi dan (pastinya) pengusaha terkait. Inilah yang menjadi sedikit unek-unek buat saya, karena saya (pengalaman-wp-red) mengalami perkembangan penggunaan helmet, aturan dan status terkait industri helm.

Dalam hal penggunaan helmet, dulu pastilah kita menemukan sampai saat ini helm putih yang ringan dan tidak ribet itu sering digunakan, helm jenis itu memang tidak memiliki unsur keselamatan bagi kepala kita, namun helm itulah yang menjadikan kita aman dari tilang polisi pada masanya. Lanjut pada helm jenis skate (biasa dipakai oleh pemain skate dan juga outdoor activity)  dan jenis helm sepeda, jenis itu pada masanya masih dibolehkan oleh pihak yang berwenang karena fungsi utama pada saat itu adalah menutupi kepala. Sekitar 10 tahun kebelakang perkembangan industri helm di indonesia berkembang, sebagai contoh saya pernah memiliki helm merk ink fullface yang dulu hanya bisa di beli di luar negeri ataupun di bali, seingat saya dulu pemain (penjual) helm itu masih import dari luar negeri, dan merek’ terkenalnya adalah AGV, NOLAN, dll; semua merek tersebut sekarang harganya diatas normal pastinya. Tahun demi tahun muncul penjualan merek INK menjadi lebih maju dan meyakinkan, maka dari situ bermunculanlah merek” lain, INK sendiri sepertinya telah memiliki pabrik lokal di indonesia (blom dapet info sih) tapi pengukuran saya berasal dari murahnya harga helm ink di tahun awal ramai-nya penggunaan helm tersebut, seingat saya harga helm INK Half-face berkisar antara 85 ribu – 120 ribu, untuk full-face memang agak lebih mahal. Pada saat itu pemain baru seperti merk DGR, dll. mulai muncul kepermukaan dengan model helm semi-full-face (bagian depan dapat dibukan wp-red), pemain ini menawarkan harga yang  cukup murah.

Kemunculan Aturan Lalu Lintas

Pada saat itu Dinas Perhubungan (pemerintah) dan juga pihak kepolisian memberlakukan aturan baru, sekitar 5-8 tahun kebelakang perarturan itu mulai digalakka, pada awalnya memang ada kelonggaran tapi pada sekitar 3-5 tahun aturan itu mulai cukup keras diberlakukan, setiap pengendara yang tidak menggunakan helm jenis half-face dan full-face pasti akan di tilang, sedangkan saat ini satu hal yang menjadi perbaikan adalah masalah standar SNI dan DOT, saya tidak akan menjelaskan perihal kedua nilai standar itu yang pasti, untuk level helm import dari luar semisal INK, AGV, NOLAN, dll. haruslah mengikuti aturan yang diberlakukan di Negeri Indonesia Tercinta ini, Barangsapa yang melanggar maka kena sendiri akibatnya. Aturan ini cukup keras bagi pengusaha Import/perusahaan tsb. namun bagi pengusaha lokal yang mulai bermain seiring perkembangan penguatan aturan yang berlaku mulai merasakan dampak keuntungan dari hal tersebut, apasebabnya? karena dengan adanya sertifikat SNI maka harga jual dari produk tersebut menjadi lebih tinggi, dan lagi masyarakat dipaksa untuk membeli barang yang cukup mahal. Memang secara keselamatan dan aturan harga itu terbilang murah, tapi dengan permainan yang terjadi tampak terlihat disini masyarakat lah yang tetap menjadi objek pemanfaatan.

Hal Baik dari Helm SNI

Namun dari semua itu patutlah kita bersyukur, karena dengan adanya aturan tersebut membawa dampak yang baik bagi kalangan industri, pengusaha dan juga masyarakat secara umum. Hal ini dikarenakan terdapat proses perputaran uang yang nyata antara penjual dan pembeli pada bisnis helmet tersebut. Meski Pro kontra baik dari segi standar yang dibuat pada helmet, juga aturan serta keselamatan, hal pasti yang menjadi perhatian penting adalah “Keselamatan adalah hal mahal, kendaraan adalah kebutuhan mobilitas kita, harga menjadi tolak ukur tingkat keselamatan, dan semua orang juga bilang kalo harga ga akan menipu” ini artinya banyak pemain industri helm yang ikut merasakan getah keuntungan dari aturan, dimana muncullah penjual dan produsen helm murah yang memiliki standar SNI (standar yang tidak lebih baik melindungi dari keselamatan anda), namun berhasil menjual barang-barang di pasaran dengan harga maaf kalo saya bilang dulu DOT bisa dibeli dengan harga ‘segitu’, sekarang SNI yang harganya ‘segitu’, maka dari itu silahkan anda memilih untuk benar” selamat atau asal selamat (polisi-red). Kita yang menentukan…. Good day

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 14, 2011 in WISHIWIT

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: