RSS
Sampingan
28 Des

Tujuan merupakan sebuah jalan akhir yang ingin/harus dicapai oleh setiap orang/golongan, dan untuk mencapai sebuah tujuan diperlukan suatu proses yang telah direncanakan. Dalam setiap bidang maupun sisi kehidupan selalu akan lebih baik jika ada perencanaan jikalau kita akan melaksanakan suatu kegiatan/acara. Untuk itu dibutuhkan suatu proses lain di luar proses pencapaian tujuan yang terfokus pada persiapan menjalankan program/kegiatan. Rencana (plan) merupakan suatu bagian proses yang harus di lalui untuk mencapai tujuan yang kita inginkan, sebuah perencanaan yang baik selalu mengantisi pasti kegagalan yang buruk dikarenakan kesalahan alur dalam perencanaan.

Pada tulisan ini yang akan saya ceritakan adalah tentang merencanakan rencana untuk gagal. Menurut beberapa trainer terlatih dan kompeten kegagalan adalah kemenangan yang tertunda, dan setiap kegagalan pasti ada kesalahan dalam perencanaan maupun pelaksanaan (my-own). Setiap kegiatan/program pasti akan mengalami suatu kendala/masalah dan lain sebagainya, maka dari itu dalam proses perencanaan kita patut memasukkan setiap kendala/hambatan/masalah yang mungkin terjadi pada saat kegiatan/program dilaksanakan. Bagaimana bisa kita melakukan perencanaan rencana untuk gagal, hal ini dapat terjadi jikalau kita tidak selalu mempertimbangkan faktor x,y,z dari mulai kendala yang kecil sampai kendala yang besar. Ketika ada dari ketiga faktor itu yang tidak terisi maka bolehlah kita sebut bahwa kita telah merencanakan rencana untuk gagal.

Saya ingin mencontohkan wp yang saya miliki ini, pada awalnya saya membuat blog ini adalah untuk menuliskan setiap keluh-kesah, unek-unek, opini dan pandangan yang saya miliki untuk dibagikan kepada wp/blogger dan juga pembaca atau pengguna internet. namun konsep yang saya miliki tidak cukup kuat, misalnya pada intensitas penulisan, rencana awal saya harus meng-posting setiap pekan di hari yang sama, akan tetapi hal ini tidak dapat terlaksana karena kesibukan dan kondisi pribadi yang kurang baik, ditambah juga dengan seringkali ketidak percaya diri untuk menghasilkan sebuah blog yang mampu mengundang user untuk berkunjung dan membaca tulisan di blog ini, mungkin hal ini disebabkan ketidakfokusan saya dalam mengurus blog wp ini. Lalu ketidak konsistenan bahasa yang digunakan, seringkali saya menulis Judul dalam bahasa inggris dan tulisan di dalamnya dalam bahasa nasional Indonesia. Saya memang tidak merencanakan blog ini harus seperti apa akan tetapi mungkin saja diantara pembaca blog ini tidak nyaman dengan hal ini sehingga membuat user enggan untuk masuk. Disinilah saya ternyata telah membuat blog dengan rencana untuk gagal. Satu hal lagi adalah dalam penulisan isi, saya merasa tidak terkonsep sekali, kadang saya memiliki topik untuk di bagikan di blog ini kadang tidak, hal ini membuat kebingungan dan akhirnya topik itu tak kunjung di post-kan sungguh memalukan memang namun hal ini akan menjadi pelajaran berharga bagi saya, karena di dunia blog ini masih newbi lah saya di banding blog/wp lainnya.

Untuk itu melalui tulisan ini saya sedang mengajarkan diri saya sendiri sembari secuil tulisan untuk diberikan kepada pembaca bahwa “merencanakan Rencana untuk Gagal” adalah buah keberhasilan dari ketidaksiapan kita untuk mencapai tujuan maksimal. Sehingga jika kita melakukan hal itu bolehlah kita sebut bahwa kita akan berhadapan dengan kendala yang besar, akan tetapi dari situ kita akan selalu belajar dari kesalahan perencanaan yang kita buat sendiri. Semoga melalui tulisan ini kita tidak menjadi ahli dalam merencanakan rencana untuk gagal.

Merencanakan Rencana Untuk Gagal

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada Desember 28, 2010 in WIL-I-HIS

 

Tag: ,

2 responses to “Merencanakan Rencana Untuk Gagal

  1. ageng

    Januari 20, 2011 at 5:13 pm

    Saya sih males banget bikin rencana kalo cuma untuk gagal. Meskipun kita sudah merencanakan, tetap tuhan yg menentukan 🙂

     
    • adidoel

      Januari 24, 2011 at 12:58 am

      betul, semua di tangan tuhan, tetapi dalam tulisan ini konteksnya adalah kadang kita ber-rencana tetapi pada kenyataannya kita malah membuat rencana kita gagal terlaksana atau tercapai, sedikit ulasan dalam tulisan agar kita lebih teliti, salam, terimakasih atas komentar dan kunjungan

       

Tinggalkan Balasan

 
