RSS

M.E.R.D.E.K.A (17 Agustus 2010)

16 Agu

17 agustus 2010

Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia

Hari ini pada tahun 1945, merupakan saat” dimulainya persiapan kemerdekaan negara Republik Indonesia (RI). saat itu para pejuang bangsa bantu-membantu untuk memuluskan proses pem-proklamasi-an bagi rakyat indonesia yang artinya bakal merdeka dari penjajah belanda, jepang dan portugis yang selama kurun waktu sejarah telah menjajah indonesia dalam segala bentuk tindak-tanduk, tingkah polah dan kekejaman di masa nya. Kalo kita mengingat kembali sejarah dari SD-SMP-SMA rasanya kita paham betul permasalahan di masa lalu yang akhirnya melahirkan dua orang tokoh pemimpin bangsa pertama yaitu Ir. Soekarno & Dr. Moch. Hatta, yang keduanya merupakan bagian dari awal perjalanan bangsa ini menuju kebebasan bernegaram bersyarikat, dll.. Patut Kita sadari ternyata negara RI ini telah dipimpin oleh enam atau delapan (ditambah masa RIS-wordpress), semua pemimpin mempunyai berbagai jasa dalam memimpin, membangun, dan membawa bangsa ini kejalan yang lebih baik. Harapan peningkatan kesejahteraan, harapan merdeka, harapan jauh dari kemiskinan, harapan peningkatan mutu dan kualitas pendidikan, harapan berkurangnya angka kemiskinan dan pengangguran, itu semua menjadi pemikiran dari setiap tokoh yang memimpin negara yang kaya akan sumber daya alam dan manusia (subjek utama TKI-wordprss).

Tahun ini, 17 agustus 2010 kali ini memiliki cerita berbeda (red-penulis), entah berapa kali 17 agustus ini bertepatan dengan bulan suci umat Islam yaitu Bulan Ramadhan yang pasti tahun ini adalah salah satu nya. Apabila pada setiap waktu perayaan agustus itu selalu di isi dengan lomba” yang khas yg dimiliki negara Indonesia, mungkin berbeda di tiap daerah, tetapi beberapa yang khas adalah panjat pinang, balap karung, bakiak, ataupun balap kerupuk selalu hadir melengkapi keceriaan peringatan 17 agustus (agustusan-wordpres) di kampung dan di kota.

Akan tetapi tahun ini berhubungan dengan bulan Ramadhan, harusnya ini menjadi suatu keberkahan tersendiri, karena yang dulu nya biasanya mengadakan malam perenungan pada malam hari sebelum siang tgl 17 agustus, tahun ini harusnya bisa lebih afdhol (khusu-khidmat) dalam berdo’a dan bermunajat pada pelaksanaan perenungan yang diadakan disetiap tempat. Sepertinya Hal ini Harus menjadi program utama (semoga) dalam penyelenggaraan agustusan tahun ini, pemerintah dan masyarakat sepatutnya mulai berkhidmat dalam pikiran, hati dan tindakan atas apa yang telah terjadi beberapa hari, pekan, bulan, tahun, triwulan, Repelita (dahulu-wordpress), dekade yang telah dilalui selama ini terhadao nasib bangsa dan negara, rasanya saya tidak akan mendongkel permasalahan yang terjadi beberapa waktu silam yang muncul di negara RI ini, sudah terlalu lebay (wordpress) untuk diperbincangkan tetapi alangkah lebih baik di waktu ini kita berharap, berdoa, dengan kesungguhan hati agar permasalah yang entah berapa banyaknya dan rumitny itu dapat diselesaikan. Satu hal yang pasti adalah agustusan tahun ini bertepatan dengan tgl 7 ramadhan (17 Agustus-7 ramadhan) plus 17 Ramadhan (hari nuzulul Qu’ran) berada di bulan Agustus ini lebih 27 Agustus, hal ini mungkin sesuatu yang biasa saja, akan tetapi jika kita liha angkat 7 (tujuh) yang untuk beberapa orang menjadi nomor hoki (tanpa maksud apapun) menjadi sesuatu yang wah dan fenomenal hadir dari awal sampai akhir penanggalan (7-17-27).

Pada dasarnya, setiap peringatan kemerdekaan ini menjadi sentuhan kepada kita untuk mengenang jasa para pahlawan, yang telah gugur di medan perang, menjadikan kita sadar bahwa kemerdekaan itu tidak mudah, maka oleh karena itu mempertahankan dan menjaga kesinambungan kemerdekaan itu wajib di lakukan oleh setiap masyarakat indonesia dari anak-anak, remaja hingga orang tua. Saya jadi ingat apa yang saya dapat selama perkuliahan, meski cakupannya kecil tapi makna bisa luas yaitu

"tanyakan apa yang bisa kamu berikan kepada team (negara)
bukan berkata apa yang bisa team (negara) berikan kepada kita"
                                                             (some Quotes)

Untuk menutup tulisan ini, saya ingin bertanya apakah kita telah M.E.R.D.E.K.A ? Pikirkanlah dengan Baik, teliti dan Bijaksana, jawaban apapun yang keluar dari anda adalah buah pikiran anda, semoga tidak menjadi pertentangan yang berlarut, dan semoga kita bisa menyimpan dan menjaga apa yang kita katakan dengan baik, dan buang atau lupakanlah sesuatu yang buruk…. Sekali Merdeka tetap Merdeka…. Merdekakan Pikiran anda… salam….

Komentar anda menjadi masukan dan sundulan bagi blog saya.. terimakasih
telah berkunjung... terimakasih, [perdamaian di bumi ini semoga terwujud]
Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 16, 2010 in WISHIWIT

 

Tag: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: