RSS

Turnaround Turnaround

Diobok-obok airnya diobok-obok…
Sepenggal lirik dr bocah yg sedikit dibawah umur ku saat ini, tetapi ini bukan air saja, namun ini berhubungan dengan negeri tercinta #Nusantara yang sedang menghadapi masalah. Negeri ini sedang mengalami ketidakjelasan (red-tedjo) terstruktur, masif dan sistematis.
Semua diawali dari pemilihan Presiden di negeri ini, kemudian terpilihnya Presiden Pilihan Rakyat, yang notabene seolah benar berasal dari rakyat. Namun apalacur ternyata janji manis pada saat kampanye malah menjadikan rakyat lebih memeras eringat dalam menjalankan kehidupan di negeri ini. Kesenjangan antara si Kaya dan Miskin yang cenderung terjadi GAP yg berbeda jauh, semakin melebar dengan kebijakan yang digulirkan oleh rezim pemerintah Kita.
Permasalahan tidak hanya itu saja, barangkali ketika kita memperhatikan berita yang ada pada media televisi maka kita akan lihat betapa rumitnya masalah di negeri ini, kabar berita silih berganti mempengaruhi pikiran masyarakat, satu kasus tak kunjung selesai, datang lagi kasus lain dan terus membanjiri ruang pikir kita yang pada dasarnya sedang sibuk memikirkan biaya hidup yang semakin meningkat.
Akankah kita terus diombang-ambingkan dalam ketidakstabilan harga, ketidakjelasan hukum, ketimpangan dan kesembronoan kebijakan atau istilah trendnya yaitu ‘test-the-water’ pemerintah, dimana DPR yg matikutu akibat dualisme kepentingan?
Rakyat telah memilih, namun apakah pilihannya tepat? Apakah kita akan terus diam dan berserah atas kehendak ini! Diam tak lagi emas, diam tak ayal membuat mereka leluasa mengobok-obok negeri ini.

#AdaHikmahPdSetiapKejadian
tulisantakjelas

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 14, 2015 in Uncategorized

 

Kambing Hitam

Entah apa salah si Kambing di cap hitam oleh manusia yg tidak bertanggungjawab! Meskipun ia tak seenuhnya berbulu hitam, tetap saja ia akan disebut Kambing Hitam.
Negeri ini telah berjaan menuju arah dimana semua bisa disalahkan, semua menjadi penanggung jawab sementara, atau mungkin plt alias pelaksana. Pada akhirnya yang memiliki kekuasaan akan membuat seseorang menjadi bahan hinaan, cacian dan obrolan massa.

*masihcatatansementara

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 28, 2015 in Uncategorized

 

Siapa Presiden KITA

Sedikit catatan kecil ketika pemilihan Presiden Indonesia tergabung pada dua kubu, yg saling bertolak belakang. Pada akhirnya salah satu harus kalah dan yang satu menang. Namun ada sedikit pertanyaan menggelitik yang terjadi dalam tindak tanduk Presiden terpilih (Presiden Kita), dimana setiap kebijakan yg diutarakan oleh dirinya tidak sama dengan apa yang ia pernah ucapkan dalam debat capres atau janji disaat kampanye. Sosok yang lahir dari rakyat ini menghadapi posisi juybdari harapam? Apakah ia mewakili Kita yg sebenarnya?

#SiapaPresidenKita
*tertulissementara

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 28, 2015 in Uncategorized

 

Anything has a factor

ada-sebab-pasti-ada-akibatKetika berbicara sebab dan akibat dari setiap kejadian yang kita alami, maka akan ada beberapa faktor pendukung yang dengan sengaja ataupun tidak sengaja menghasilkan sebuah kesimpulan (opini). Setiap faktor ini akan menjadikan kerja kita bernilai sukses ataupun gagal, semua memiliki faktor kali, pengurang, pembagi dan penambah. Setiap perilaku yang kita lakukan akan membawa dampak terhadap hasil dikemudian hari, bukan hanya kesuksesan, kegagalan, peningkatan karir, kekayaan, kemiskinan, kebodohan dan kepintaran itu semua adalah karena perlakuan terhadap faktor yang kita lakukan selama mewujudkan impian dan harapan kita.

Berbagi permasalahan akan datang pada setiap waktunya, tugas kita adalah menyelesaikan setiap permasalahan dengan cara terbaik yang bisa kita berikan. Permasalahan membuat kita bertambah dewasa, bertambah pengalaman serta belajar dari apa yang menjadi faktor penentu kesuksesan. setiap sebab akan diikuti oleh akibat, menilai akibat maka kita perlu melihat faktor apa saja yang menjadikan masalah tersebut muncul, apa saja runtutan sebab yang saling mengikuti, semakin kompleks suatu masalah maka akan semakin banyak sebab-sebab (faktor penyebab) yang akan ditemukan dikemudian hari.

Sebagai ilustrasi, ketika ada kemacetan di sebuat ruas jalan, apa saja yg menjadi faktor terjadinya kemacetan tersebut. Kemacetan bisa disebabkan oleh hambatan-hambatan yang terjadi pada ruas tersebut, kecelakaan kendaraan, mogoknya kendaraan, banyak persimpangan, pembangunan jalan, banyaknya kencaraan, acara hajatan masyarakat, dan lain sebagainya. Kemacetan adalah sebuah akibat dari sebab-sebab yang mengikuti, bahkan polisi-pun bisa menjadi sebab dari adanya kemacetan, hal ini dapat diambil karena adanya anggapan bahwa setiap ada polisi selalu saja ada kemacetan. Tapi apakah benar asumsi itu menjawab sebab-akibat atas kemacetan, semua tergantung dari cara kita berpikir, ketika kesimpulan didapat maka ada opini yang terbentuk.

Sebab-Akibat dalam filsafat akan membuahkan ide atau pemikiran baru, namun adakalanya hal tersebut menjadi opini yang tak terbentuk secara utuh. Opini tersebut akan mengarahkan pada suatu keputusan yang akan diambil, setiap keputusan menghasilkan sebuah kesepakatan bersama yang saling berkaitan. Antara Takdir dan nasib maka ada sebab-akibat, dalam hal ini ada campur tangan Allah SWT terhadap setiap kejadian, lebih dari itu sikap menerima, pasrah dan tawakal menjadikan kita menjadi pribadi yang kuat, pribadi yang sabar serta pribadi yang dapat menerima sebab dan akibat.

Salam Kuper…. #kepoteisme
image : ist/www.keepcalm-o-matic.co.uk

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 16, 2014 in WIL-I-HIS

 

Tag: ,

it’s all about Premium (BBM Indonesia)

BACA NIH MAHASISWA!
Ni baru BM yang memajukan, asal bisa dipertanggung jawabkan!

Seputar pembuatan minyak, pernah kepikir gak kenapa sih bensin itu mahal? *sekedar wawasan, biar pikiran kebuka*

1. Harga minyak mentah dunia meroket guys, lebih dari 100 dollar per barrel. Indonesia memang penghasil minyak, tapi pada tau gak kalo yang kuasain sumur2 itu kebanyakan perusahaan luar? (Chevron dll) jadi kalo Pertamina mau olah itu minyak juga harus beli lho!! Makanya harga minyak mentah pengaruh banget ma harga bensin kita. Kita juga impor arabian crude oil buat produksi pelumas dan lilin serta aspal.

2. Pengolahan crude jadi bensin itu mahal coy. Selain ribet, harus di destilasi dan di striping, dia juga butuh reforming *penaikan bilangan oktan* biar oktannya sesuai. Dan itu MAHAL. Butuh katalis (satu drum = 300 juta) padahal d reaktor ada 700 m3 katalis yang berarti bisa ratusan drum. Dan itu diganti tiap bulan minimal 1 drum. Belum lagi butuh daya besar untuk bangkitin energi penjalan pabrik.

Pemerintah sudah sngat meminimalisir kenaikan harganya Jadi kalo harga menjadi 6000-an per liter itu udah termasuk MURAH. Ya bayangin aja. Harga mentahnya aja 100 dollar per barrel (1 barrel = 160 liter) berarti 1 liternya 5600 rupiah. Belum Diolah lho itu. Harusnya harga bensin itu 11000an agar pabrik untung. Emang kita disubsidi sama pemerintah, tapi apa iya mau manja2an mulu? Gak malu? Udah manja2an, masih  protes2 pula. Jadi BE SMART ya..

Kalo gak tau gimana susahnya buat bensin gak usah berkoar2 protes kenaikan BBM. Yang bekoar2 itu jangankan ngerti suruh buat bensin. Perngertian bensin aja belum tentu paham..

Be Smart ya, jadilah bangsa Indonesia yang Cerdas. Bantu pemerintah kita,  jangan protes aja bisanya..
Buat yang punya kendaraan roda empat, plis deh. Beli mobil ratusan juta mampu, masa’ beli pertamax ga mampu. Maunya disamain sama rakyat jelata yang disubsidiiiiii mulu.
Maju Indonesia!!!
*teruskan broadcast ini! Biar yg mengaku mahasiswa2 intelek semua ngerti!

 Image Baru saja saya mendapatkan pesan dalam aplikasi BlackBerry Messenger, tentang hal tersebut diatas. Coba kita simak apa maskud dari hal tersebut, kenapa tujuannya kepada Mahasiswa yang notabene hidupnya adalah dari orang tua, setiap tahun mereka harus meminta bantuan keuangan kepada orang tua minimal 1 sampe 3 juta perbulan mereka butuhkan termasuk dalam mengkonsumsi BBM (baik bensin dan juga akses komunikasi). Saya rasa mahasiswa yang selalu di support oleh orang tuanya tidaklah akan terlalu mempermasalahkan kebijakan yang di ambil oleh pemerintah pada 1 April 2012 itu (this day is known as mopping time-red), hal ini karena permasalahan yang ada bagi orangtua mereka yang berlibah tidak akan terlalu berakibat fatal terhadap keberlangsungan hajat hidupnya di dunia. Namun, coba perhatikan lah disekeliling anda! masih banyak masyarakat yang bergantung pada bahan bakan minyak jenis premium (yang katanya disubsidi oleh pemerintah juga berdasarkan bbm diatas) akan keleper-keleper bagaimana caranya mengatur keuangan agar segala kebutuhan hidup baik kerja, makan, gerak dan tinggal mereka dapat terpenuhi dengan meminimalisir permasalahan hutang dan kredit. Mereka akan menjerit ketika mereka sadar harga telur dan minyak sayur naik, sembako, harga tarif angkutan naik, dan biaya-biaya lainny seiring kperubahan harga yang dikeluarkan terhadap harga konsumsi masyarakat menjadi Rp.6.000,- per liter. Sebuah permasalahan kompleks dan sangat sistemik lebih berbahaya dampaknya dari kasus sistemik lain yang uangnya bisa dikatakan dicuri oleh sebagian pihak (anda tahu-saya diem-red), dibalik itu semua pastilah ada kepentingan yang bermain. Kalolah kita telusuri sedikit akan banyak berita-berita terkait hal ini, baik di media atau pun disitus-situs lainnya, ada yang pro terhadap kebijakan itu dan ada yang kontra dengan kebijakan itu.

Muncul pertanyaan adakah mahasiswa disana yang pro ataupun kontra?? Saya yakin ada banyak jutaan mahasiswa yang kontra terhadap kebijakan tersebut, lalu bagaimana yang pro!? seperti yg saya sebutkan diatas bahwa kebanyakan yang pro adalah mahasiswa yang tidak perlu berusaha untuk mencukupi biaya disaat mereka kuliah (berlebih-red). Dan sebagian besar yang ikut berdemo meski pada pelaksanaan dalam jumlah dikit sisanya kontra tapi malu-malu itu merasa terbawa emosi untuk menolak kebijakan pemerintah itu. Lalu apa hubungannya bbm yg dikirim tersebut (tulisan di awal posting) ditujukan kepada mahasiswa, itu semua agar mahasiswa bisa paham atas hitungan-hitungan mereka dan mengerti untuk tidak melaksanakan aksi demo untuk menolak kebijakan tersebut. Mahasiswa adalah lidah dari masyarakat. banyak aksi yang melibatkan mahasiswa dalam ketidaksesuaian atas keputusan pemerintah, karena mereka adalah alat dari suara masyarakat. Oleh karena itu setiap aksi demo pasti melibatkan mahasiswa, buruh dan masyarakat sipil yang benar ingin berdemo serta ormas-ormas yang merasakan ketidakbijakan pemerintah terhadap setiap kasus yang melibatkan (menyengsarakan) masyarakat.

Berkaitan dengan perubahan harga alias kenaikan harga bbm sebesar 1.500 rupiah per liter tersebut pasti berpengaruh terhadap daya beli masyarakat, dimana masalah bagi pengusaha dalam hal penggajiam, upah dan tunjangan, begitupula terhadap harga barang dan jasa yang mengikuti harga penggunaan bahan bakar minyak. Pada kesempatan ini izin kan saya untuk menolak kebijakan tersebut, dan saya yakin penolakan ini benar bagi kepentingan seluruh masyarakat Indonesia di Seluruh Nusantara  dan memperhatikan sebagian besar masyarakat miskin yang kesulitan bersaing dalam era globalisasi produksi barang maupun jasa. semoga saja dikemudian hari ada kelompok yang sanggup mengembalikan rakyat Indonesia dari jeratan hutang -wallahu rabbi-

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 27, 2012 in WIL-I-HIS

 
Galeri

Let Me Start Something

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 12, 2011 in Uncategorized

 

Tag:

Sampingan
raket nyamuk

Raket Nyamuk Beraliran Listrik

ANDA mungkin sedang berpikir!? apa maksud/hubungan antara gambar pada artikel ini dengan judul yang saya buat. Kalo-lah anda berfikir bahwa saya akan menulis tentang raket nyamuk (electric fly swatter) ini, maka ada benarnya, namun tidak sejauh yg anda bayangkan namun sudah diketahui sendiri sejak kemunculan alat ini menjadi sarana bagi kemudahan kita dalam mengatasi banyak nyamuk yang mengitari, mengganggu dan membuat kita kesal. Berbicara tentang nyamuk (Mosquitoes) pastilah beberapa orang jengkel, mungkin anda sendiri bertanya kenapa Tuhan menghadirkan nyamuk kedunia ini. Apakah selama ini anda telah menemukan pelajaran? saya rasa tidak, tidak ada orang yang ingin merasakan akibat dari gigitan nyamuk, penyakit yang disebabkan oleh nyamuk adalah demam berdarah, Cikungunya dan penyakit kulit lainnya, mungkin yang paling parah adalah HIV Aids lah nyamuk menyebarkan virus dari binatang ataupun manusia. Nyamuk menyedot darah kita, dalam keadaan suka ataupun tidak, karena itulah sumber kehidupan nyamuk, indra penciuman nyamuk dapat mengetahui keberadaan anda dalam gelap ataupun terang, nyamuk mencium bau tubuh dan sensor hawa panas yang dihasilkan oleh manusia. Oleh karena itu, pendingin udara (AC) pun pada kenyataanya tak sanggup mengusir nyamuk, dalam hal inilah bermunculan produsen pengusir ataupun pembunuh nyamuk.

Produk Pembasmi Nyamuk

Berbagai merek pembasmi nyamuk hadir di pasaran dengan bermacam variasi produk yang sedikit mengiurkan, ada obat semprot, obat bakar maupun obat bakar dengan pemanfaatan listrik yg 5watt. Semua ditawarkan kepada masyarakat, namun tidak semua produk itu ‘berhasil’ dalam mengusir atau membasmi nyamuk, semua tergantung tingkat kekuatan aerosol yang katanya mengandung bahan yang kurang bersahabat terhadap sistem pernapasan manusia khususnya si kecil bagi anda yang memiliki bayi-balita. Sudah sepatutnya kita untuk berhati-hati dalam memilih produk yang terbaik (bukan berarti termahal) dalam membasmi nyamuk, jika perlu pilihlah produk Indonesia agar negara semakin bertambah pendapatanya. 

Penemuan Raket Nyamuk atau  electric fly swatter 

Cara termudah untuk membasmi nyamuk yang mengitari kita adalah menggunakan telapak tangan kita, betul tidak?! Namun rasanya tidak efisien juga jika kita selalu menggunakan tangan kita, rasa perih dan lelah dapat terjadi akibat kerasnya kesal berlebih  disaat kita membunuh nyamuk tersebut, alih-alih bisa saja kita keseleo akibat salah posisi tepukan berlabuh antara telapak tangan. Penemuan raket nyamuk menjadi solusi yang mudah dan menyenangkan (hahaha) sembari membasmi nyamuk kita bisa melatih otot dan juga instinct (bahasa gaulnya insting bahasa alaynya instink) kita terhadap bahaya laten nyamuk… (wadezig). Dirasakan atau tidak ada perasaan senang ketika kita berhasil membabat habis nyamuk dengan menggunakan alat tersebut, meski dengan penuh amarah kita melakukannya.

Pada prinsipnya banyak sekali alat pembasmi nyamuk, baik model, bentuk, jenis dan macamnya! semua dihadirkan untuk mengatasi satu masalah yang paling menganggu kenyamanan yaitu ‘nyamuk’. Disamping itu rasanya pemerintah telah membuat anjuran dalam bentuk selogan atau petunjuk seperti “3M” alah lupa juga singkatannya dari apa yg pasti lingkungan berpengaruh terhadap kondisi keberadaan atau kehidupan nyamuk, untuk anda yang berada di sumber nyamuk seperti rumah di samping selokan kecil beserta sawah mungkin terlampau sulit untuk membasmi nyamuk selain dengan “fogging insect” yang biasa diberikan oleh kelurahan ataupun kecamatan.

Our Electricity Corporation Doing

Berbicara tentang alat beraliran listrik maka kitapun akan tertaut dengan perusahaan penghasil listrik negara PLN, Meski memang bukan hanya mereka yang melakukannnya, namun saat ini seringkali mereka melakukan pemutusan secara sepihak diwaktu dan jam yang sama setiap hari. Kembali pada hal yang menjengkelkan, perilaku yang dilakukan oleh mereka termasuk jenis kelakuan nyamuk yang mengganggu kenyamanan. Dengan alasan apapun mereka sepatutnya untuk memberikan pemberitahuan terlebih dahulu kepada pelanggan, karena banyak barang elektronik kita yang akan rusak jika sering dilakukan pemutusan. contoh yang paling rawan kerusakan adalah komputer, waduh.. bisa terus perawatan dan penggantian jika salah satu hardware-nya rusak.

Saat ini musim kemarau, banyak orang yang memiliki hobi bermain “layangan” menjadikan musim ini menjadi waktu penerbangan terbaik. Mereka dengan senang hati menyediakan waktu sekitar 1-3 jam untuk beradu layangan ataupun hanya ngabandangan, namun inilah salah satu olahraga selain mancing yang memiliki pengaruh besar terhadap pemanfaatan waktu. Sebuah hiburan yang menyenangkan namun sangat membahayakan kulit apalagi terhadap jaringan listrik yang membentang sepanjang daerah. Oleh karena itu perusahaan listrik negara pun memberikan peringatan dalam bentuk baligho dan spanduk di beberapa lokasi yang sering dimandaatkan untuk bermain layangan meski di loteng rumah pun itu bisa dilakukan. “Musuh” bemain layangan selalu menanti dan layangan adalah salah satu musuh terbesar perusahaan listrik negara tersebut, karena ketika benang layangan terkaitan pada kabel jaringan dan merusak tak ayal satu lingkungan akan padam, tergantung berapa besar cakupan trafo yang disimpan di lokasi terjadinga konslet.

Inilah hal menjengkelkan itu terjadi, dengan alasan layangan mereka memutihkan pemadaman yang dilakukan setiap hari di waktu yang sama, dan hal itu terjadi tidak lama mungkin paling cepat adalah 1 – 5 menit berlangsung setelah itu aliran listrik menyala kembali kerumah-rumah. Sama halnya seperti nyamuk perilaku ini perlu di basmi namun hal itu cukup sulit karena kita “sangat” membutuhkan pasokan listrik di rumah kita, namun dalam hal ini perilaku yang dilakukan oleh mereka termasuk pelanggaran terhadap kenyamanan dan kepuasan pelanggan. Dan seharusnya konsumen bisa menuntut, namun laporan di koran pun tak mampu menggugah perasaan para pengisi kursi di meja listrik itu, malah mereka mencoba melakukan pencitraan terlebih dahulu melalui media massa yang ada di setiap daerah. Sesuatu hal yang wajar dilakukan karena konsumen perlu diberikan iklan tentang hal tersebut, meski tujuannya bukan untuk mengelabui, namun untuk memanjakan pelanggan dengan keunggulan ataupun capaian yang diberikan sehingga efek negatif yang terjadi bisa sirna dengan adanya pemberitaan tersebut.

Dibalik semu itu perlu lah kita sadarkan diri bahwa negara ini sudah terjebak dalam hutang dan kredit, kedua hal itu suatu saat haruslah tejadi pengembalian ataupun pelunasan. Semakin hari bertambah maka batas waktu haruslah dapat dipenuhi, oleh karena itu jika deadline sudah didepan mata, maka pelunasan harus segera dilakukan.. Bagi sebuah perusahaan segala cara dapat dilakukan tak terkecuali oleh perusahaan negara juga, coba anda melihat dari semua perusahaan negara manakah yang berpihak kepada kesejahteraan yang adil dan beradab, jika anda sudah sadar maka pertanyaan saya, kapan kita akan mengadukan atau menagih hak yang seharusnya kita dapatkan dengan layak, jikalau hal itu belum terasa adil, maka bersiaplah untuk selalu menyisihkan uang kita dengan nama “pajak” agar negara ini terlepas dari lilitan hutang, karena setiap diri yang lahir dinegara ini sudah mendapatkan NPWP yang secara langsung dicatat pada buku pemerintah dimana cepat atau lambat harus dibayar.

Between Mosquitoes and Our Electricity Corporation

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 11, 2011 in WIL-I-HIS

 
 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.