RSS

it’s all about Premium (BBM Indonesia)

BACA NIH MAHASISWA!
Ni baru BM yang memajukan, asal bisa dipertanggung jawabkan!

Seputar pembuatan minyak, pernah kepikir gak kenapa sih bensin itu mahal? *sekedar wawasan, biar pikiran kebuka*

1. Harga minyak mentah dunia meroket guys, lebih dari 100 dollar per barrel. Indonesia memang penghasil minyak, tapi pada tau gak kalo yang kuasain sumur2 itu kebanyakan perusahaan luar? (Chevron dll) jadi kalo Pertamina mau olah itu minyak juga harus beli lho!! Makanya harga minyak mentah pengaruh banget ma harga bensin kita. Kita juga impor arabian crude oil buat produksi pelumas dan lilin serta aspal.

2. Pengolahan crude jadi bensin itu mahal coy. Selain ribet, harus di destilasi dan di striping, dia juga butuh reforming *penaikan bilangan oktan* biar oktannya sesuai. Dan itu MAHAL. Butuh katalis (satu drum = 300 juta) padahal d reaktor ada 700 m3 katalis yang berarti bisa ratusan drum. Dan itu diganti tiap bulan minimal 1 drum. Belum lagi butuh daya besar untuk bangkitin energi penjalan pabrik.

Pemerintah sudah sngat meminimalisir kenaikan harganya Jadi kalo harga menjadi 6000-an per liter itu udah termasuk MURAH. Ya bayangin aja. Harga mentahnya aja 100 dollar per barrel (1 barrel = 160 liter) berarti 1 liternya 5600 rupiah. Belum Diolah lho itu. Harusnya harga bensin itu 11000an agar pabrik untung. Emang kita disubsidi sama pemerintah, tapi apa iya mau manja2an mulu? Gak malu? Udah manja2an, masih  protes2 pula. Jadi BE SMART ya..

Kalo gak tau gimana susahnya buat bensin gak usah berkoar2 protes kenaikan BBM. Yang bekoar2 itu jangankan ngerti suruh buat bensin. Perngertian bensin aja belum tentu paham..

Be Smart ya, jadilah bangsa Indonesia yang Cerdas. Bantu pemerintah kita,  jangan protes aja bisanya..
Buat yang punya kendaraan roda empat, plis deh. Beli mobil ratusan juta mampu, masa’ beli pertamax ga mampu. Maunya disamain sama rakyat jelata yang disubsidiiiiii mulu.
Maju Indonesia!!!
*teruskan broadcast ini! Biar yg mengaku mahasiswa2 intelek semua ngerti!

 Image Baru saja saya mendapatkan pesan dalam aplikasi BlackBerry Messenger, tentang hal tersebut diatas. Coba kita simak apa maskud dari hal tersebut, kenapa tujuannya kepada Mahasiswa yang notabene hidupnya adalah dari orang tua, setiap tahun mereka harus meminta bantuan keuangan kepada orang tua minimal 1 sampe 3 juta perbulan mereka butuhkan termasuk dalam mengkonsumsi BBM (baik bensin dan juga akses komunikasi). Saya rasa mahasiswa yang selalu di support oleh orang tuanya tidaklah akan terlalu mempermasalahkan kebijakan yang di ambil oleh pemerintah pada 1 April 2012 itu (this day is known as mopping time-red), hal ini karena permasalahan yang ada bagi orangtua mereka yang berlibah tidak akan terlalu berakibat fatal terhadap keberlangsungan hajat hidupnya di dunia. Namun, coba perhatikan lah disekeliling anda! masih banyak masyarakat yang bergantung pada bahan bakan minyak jenis premium (yang katanya disubsidi oleh pemerintah juga berdasarkan bbm diatas) akan keleper-keleper bagaimana caranya mengatur keuangan agar segala kebutuhan hidup baik kerja, makan, gerak dan tinggal mereka dapat terpenuhi dengan meminimalisir permasalahan hutang dan kredit. Mereka akan menjerit ketika mereka sadar harga telur dan minyak sayur naik, sembako, harga tarif angkutan naik, dan biaya-biaya lainny seiring kperubahan harga yang dikeluarkan terhadap harga konsumsi masyarakat menjadi Rp.6.000,- per liter. Sebuah permasalahan kompleks dan sangat sistemik lebih berbahaya dampaknya dari kasus sistemik lain yang uangnya bisa dikatakan dicuri oleh sebagian pihak (anda tahu-saya diem-red), dibalik itu semua pastilah ada kepentingan yang bermain. Kalolah kita telusuri sedikit akan banyak berita-berita terkait hal ini, baik di media atau pun disitus-situs lainnya, ada yang pro terhadap kebijakan itu dan ada yang kontra dengan kebijakan itu.

Muncul pertanyaan adakah mahasiswa disana yang pro ataupun kontra?? Saya yakin ada banyak jutaan mahasiswa yang kontra terhadap kebijakan tersebut, lalu bagaimana yang pro!? seperti yg saya sebutkan diatas bahwa kebanyakan yang pro adalah mahasiswa yang tidak perlu berusaha untuk mencukupi biaya disaat mereka kuliah (berlebih-red). Dan sebagian besar yang ikut berdemo meski pada pelaksanaan dalam jumlah dikit sisanya kontra tapi malu-malu itu merasa terbawa emosi untuk menolak kebijakan pemerintah itu. Lalu apa hubungannya bbm yg dikirim tersebut (tulisan di awal posting) ditujukan kepada mahasiswa, itu semua agar mahasiswa bisa paham atas hitungan-hitungan mereka dan mengerti untuk tidak melaksanakan aksi demo untuk menolak kebijakan tersebut. Mahasiswa adalah lidah dari masyarakat. banyak aksi yang melibatkan mahasiswa dalam ketidaksesuaian atas keputusan pemerintah, karena mereka adalah alat dari suara masyarakat. Oleh karena itu setiap aksi demo pasti melibatkan mahasiswa, buruh dan masyarakat sipil yang benar ingin berdemo serta ormas-ormas yang merasakan ketidakbijakan pemerintah terhadap setiap kasus yang melibatkan (menyengsarakan) masyarakat.

Berkaitan dengan perubahan harga alias kenaikan harga bbm sebesar 1.500 rupiah per liter tersebut pasti berpengaruh terhadap daya beli masyarakat, dimana masalah bagi pengusaha dalam hal penggajiam, upah dan tunjangan, begitupula terhadap harga barang dan jasa yang mengikuti harga penggunaan bahan bakar minyak. Pada kesempatan ini izin kan saya untuk menolak kebijakan tersebut, dan saya yakin penolakan ini benar bagi kepentingan seluruh masyarakat Indonesia di Seluruh Nusantara  dan memperhatikan sebagian besar masyarakat miskin yang kesulitan bersaing dalam era globalisasi produksi barang maupun jasa. semoga saja dikemudian hari ada kelompok yang sanggup mengembalikan rakyat Indonesia dari jeratan hutang -wallahu rabbi-

 
Tinggalkan komentar

Posted by pada Maret 27, 2012 in WIL-I-HIS

 
Galeri

Let Me Start Something

This slideshow requires JavaScript.

 
Tinggalkan komentar

Posted by pada Oktober 12, 2011 in Uncategorized

 

Tag:

Sampingan
raket nyamuk

Raket Nyamuk Beraliran Listrik

ANDA mungkin sedang berpikir!? apa maksud/hubungan antara gambar pada artikel ini dengan judul yang saya buat. Kalo-lah anda berfikir bahwa saya akan menulis tentang raket nyamuk (electric fly swatter) ini, maka ada benarnya, namun tidak sejauh yg anda bayangkan namun sudah diketahui sendiri sejak kemunculan alat ini menjadi sarana bagi kemudahan kita dalam mengatasi banyak nyamuk yang mengitari, mengganggu dan membuat kita kesal. Berbicara tentang nyamuk (Mosquitoes) pastilah beberapa orang jengkel, mungkin anda sendiri bertanya kenapa Tuhan menghadirkan nyamuk kedunia ini. Apakah selama ini anda telah menemukan pelajaran? saya rasa tidak, tidak ada orang yang ingin merasakan akibat dari gigitan nyamuk, penyakit yang disebabkan oleh nyamuk adalah demam berdarah, Cikungunya dan penyakit kulit lainnya, mungkin yang paling parah adalah HIV Aids lah nyamuk menyebarkan virus dari binatang ataupun manusia. Nyamuk menyedot darah kita, dalam keadaan suka ataupun tidak, karena itulah sumber kehidupan nyamuk, indra penciuman nyamuk dapat mengetahui keberadaan anda dalam gelap ataupun terang, nyamuk mencium bau tubuh dan sensor hawa panas yang dihasilkan oleh manusia. Oleh karena itu, pendingin udara (AC) pun pada kenyataanya tak sanggup mengusir nyamuk, dalam hal inilah bermunculan produsen pengusir ataupun pembunuh nyamuk.

Produk Pembasmi Nyamuk

Berbagai merek pembasmi nyamuk hadir di pasaran dengan bermacam variasi produk yang sedikit mengiurkan, ada obat semprot, obat bakar maupun obat bakar dengan pemanfaatan listrik yg 5watt. Semua ditawarkan kepada masyarakat, namun tidak semua produk itu ‘berhasil’ dalam mengusir atau membasmi nyamuk, semua tergantung tingkat kekuatan aerosol yang katanya mengandung bahan yang kurang bersahabat terhadap sistem pernapasan manusia khususnya si kecil bagi anda yang memiliki bayi-balita. Sudah sepatutnya kita untuk berhati-hati dalam memilih produk yang terbaik (bukan berarti termahal) dalam membasmi nyamuk, jika perlu pilihlah produk Indonesia agar negara semakin bertambah pendapatanya. 

Penemuan Raket Nyamuk atau  electric fly swatter 

Cara termudah untuk membasmi nyamuk yang mengitari kita adalah menggunakan telapak tangan kita, betul tidak?! Namun rasanya tidak efisien juga jika kita selalu menggunakan tangan kita, rasa perih dan lelah dapat terjadi akibat kerasnya kesal berlebih  disaat kita membunuh nyamuk tersebut, alih-alih bisa saja kita keseleo akibat salah posisi tepukan berlabuh antara telapak tangan. Penemuan raket nyamuk menjadi solusi yang mudah dan menyenangkan (hahaha) sembari membasmi nyamuk kita bisa melatih otot dan juga instinct (bahasa gaulnya insting bahasa alaynya instink) kita terhadap bahaya laten nyamuk… (wadezig). Dirasakan atau tidak ada perasaan senang ketika kita berhasil membabat habis nyamuk dengan menggunakan alat tersebut, meski dengan penuh amarah kita melakukannya.

Pada prinsipnya banyak sekali alat pembasmi nyamuk, baik model, bentuk, jenis dan macamnya! semua dihadirkan untuk mengatasi satu masalah yang paling menganggu kenyamanan yaitu ‘nyamuk’. Disamping itu rasanya pemerintah telah membuat anjuran dalam bentuk selogan atau petunjuk seperti “3M” alah lupa juga singkatannya dari apa yg pasti lingkungan berpengaruh terhadap kondisi keberadaan atau kehidupan nyamuk, untuk anda yang berada di sumber nyamuk seperti rumah di samping selokan kecil beserta sawah mungkin terlampau sulit untuk membasmi nyamuk selain dengan “fogging insect” yang biasa diberikan oleh kelurahan ataupun kecamatan.

Our Electricity Corporation Doing

Berbicara tentang alat beraliran listrik maka kitapun akan tertaut dengan perusahaan penghasil listrik negara PLN, Meski memang bukan hanya mereka yang melakukannnya, namun saat ini seringkali mereka melakukan pemutusan secara sepihak diwaktu dan jam yang sama setiap hari. Kembali pada hal yang menjengkelkan, perilaku yang dilakukan oleh mereka termasuk jenis kelakuan nyamuk yang mengganggu kenyamanan. Dengan alasan apapun mereka sepatutnya untuk memberikan pemberitahuan terlebih dahulu kepada pelanggan, karena banyak barang elektronik kita yang akan rusak jika sering dilakukan pemutusan. contoh yang paling rawan kerusakan adalah komputer, waduh.. bisa terus perawatan dan penggantian jika salah satu hardware-nya rusak.

Saat ini musim kemarau, banyak orang yang memiliki hobi bermain “layangan” menjadikan musim ini menjadi waktu penerbangan terbaik. Mereka dengan senang hati menyediakan waktu sekitar 1-3 jam untuk beradu layangan ataupun hanya ngabandangan, namun inilah salah satu olahraga selain mancing yang memiliki pengaruh besar terhadap pemanfaatan waktu. Sebuah hiburan yang menyenangkan namun sangat membahayakan kulit apalagi terhadap jaringan listrik yang membentang sepanjang daerah. Oleh karena itu perusahaan listrik negara pun memberikan peringatan dalam bentuk baligho dan spanduk di beberapa lokasi yang sering dimandaatkan untuk bermain layangan meski di loteng rumah pun itu bisa dilakukan. “Musuh” bemain layangan selalu menanti dan layangan adalah salah satu musuh terbesar perusahaan listrik negara tersebut, karena ketika benang layangan terkaitan pada kabel jaringan dan merusak tak ayal satu lingkungan akan padam, tergantung berapa besar cakupan trafo yang disimpan di lokasi terjadinga konslet.

Inilah hal menjengkelkan itu terjadi, dengan alasan layangan mereka memutihkan pemadaman yang dilakukan setiap hari di waktu yang sama, dan hal itu terjadi tidak lama mungkin paling cepat adalah 1 – 5 menit berlangsung setelah itu aliran listrik menyala kembali kerumah-rumah. Sama halnya seperti nyamuk perilaku ini perlu di basmi namun hal itu cukup sulit karena kita “sangat” membutuhkan pasokan listrik di rumah kita, namun dalam hal ini perilaku yang dilakukan oleh mereka termasuk pelanggaran terhadap kenyamanan dan kepuasan pelanggan. Dan seharusnya konsumen bisa menuntut, namun laporan di koran pun tak mampu menggugah perasaan para pengisi kursi di meja listrik itu, malah mereka mencoba melakukan pencitraan terlebih dahulu melalui media massa yang ada di setiap daerah. Sesuatu hal yang wajar dilakukan karena konsumen perlu diberikan iklan tentang hal tersebut, meski tujuannya bukan untuk mengelabui, namun untuk memanjakan pelanggan dengan keunggulan ataupun capaian yang diberikan sehingga efek negatif yang terjadi bisa sirna dengan adanya pemberitaan tersebut.

Dibalik semu itu perlu lah kita sadarkan diri bahwa negara ini sudah terjebak dalam hutang dan kredit, kedua hal itu suatu saat haruslah tejadi pengembalian ataupun pelunasan. Semakin hari bertambah maka batas waktu haruslah dapat dipenuhi, oleh karena itu jika deadline sudah didepan mata, maka pelunasan harus segera dilakukan.. Bagi sebuah perusahaan segala cara dapat dilakukan tak terkecuali oleh perusahaan negara juga, coba anda melihat dari semua perusahaan negara manakah yang berpihak kepada kesejahteraan yang adil dan beradab, jika anda sudah sadar maka pertanyaan saya, kapan kita akan mengadukan atau menagih hak yang seharusnya kita dapatkan dengan layak, jikalau hal itu belum terasa adil, maka bersiaplah untuk selalu menyisihkan uang kita dengan nama “pajak” agar negara ini terlepas dari lilitan hutang, karena setiap diri yang lahir dinegara ini sudah mendapatkan NPWP yang secara langsung dicatat pada buku pemerintah dimana cepat atau lambat harus dibayar.

Between Mosquitoes and Our Electricity Corporation

 
Tinggalkan komentar

Posted by pada Oktober 11, 2011 in WIL-I-HIS

 

Football come to the Land of Fortune

beberapa daftar transfer pemain

Bursa transfer pemain kembali memanas menjelang musim 2011/2012, seluruh klub mencoba mendapatkan pemain yang diharapkan mampu meningkatkan kekuatan klub dari musim lalu. Tak ubahnya sebuah rumah untuk mengisi perabotan dalam rumah maka perlu sesuatu yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan rumah baik itu berharga murah ataupun mahal, namun kadang untuk memenuhi kebutuhan rumah yang unik dan bagus perlu biaya maha yang dikeluarkan agar tampak wah dan menakjubkan.

Musim 2011/2012 sudah dimulai setiap klub sudah mendapatkan pemain ideal di setiap lini yang dirasakan masih ada kelemahan, beberapa klub mampu mendatangkan banyak pemain namun ada yang sedikit membeli pemain bukan karena faktor keuangan yang tidak ada namun karena kebutuhan tim dirasa cukup membeli 1 atau 2 pemain saja. Itulah sekelumit cerita di waktu perpindahan musim, yang dijadikan ajang persiapan untuk menghadapi musim baru yang lebih baik dengan target atau capaian harapan yang baru.

“Sebuah kesuksesan adalah buah dari persiapan yang matang diawal perencanaan” itulah salah satu ilmu management yang harus dikuasai oleh seorang manager, orgnasisasi dan perusahaan. Sebuah team sepakbola adalah multikulturisasi dari sebuah manajemen organsisai, bahkan sesorang dapat menjadi presiden ataupun hanya seorang tukang semir sepatu, namun dibalik itu saat ini sepakbola sudah menjadi sebuah industri besar yang mampu menggapai dunia secara global atau mungkin sampai dunia lain, upppss…

Ketika sepakbola menjadi Agama maka pemain” itu adalah para dewa yang sanggup menyihir para pendukung dan sebuah klub dalam menggapai hasil akhir yang dimaksud, para dewa itu memberikan kekuatan terbaik yang dimiliki untuk klub yang dibelanya. Kehadiran mereka dalam satu klub mampu menyihir lawan maupun teman, bukan karena harga namun karena kemampuan yang mampu membuat klub memenangkan sebuah pertandingan di lapangan berumput. Mereka datang untuk menang atau memenangkan pertandingan, dan kalo pun mereka gagal menyihir klub yang dibela maka alamat menjadi pembicaraan dan cemoohan publik maupun para pencari berita. Sebuah beban yang harus sanggup dipikul bisa ataupun tidak namun karena kemampuan dan keahlian yang telah ditampilkanlah mereka menjadi rebutan klub” di tanah persepakbolaan dimanapun, terutama di eropa. Liga” besar Seperti Inggris, Spanyol, Italia, Jerman, Prancis, Belanda maupun Portugal menjadi lembah dimana para dewa itu berlabuh untuk mengarungi bahtera sepakbola eropa. Mereka datang dari penjuru dunia bukan saja dari benua eropa itu sendiri namun banyak pemain datang dari benua amerika, australia, bahkan tak kurang dari benua asia menjadi tren penting yang sanggup mengisi posisi dalam sebuah tim / klub sepakbola.

Selama semusim 2011 – 2012 mereka akan jalani setiap pertandingan dengan keinginan untuk memenangkan pertandingan, mencetak gol, memberikan asisst, menjaga gawang dari kebobolan, bahkan memberikan sensasi berita yang mampu menjual dan menyenangkan para pendukung maupun wartawan dengan kemampuan dan kelebihan yang mereka miliki. Inilah land of fortune, dimana mereka akan mendapatkan bayaran (gaji) yang tinggi dengan gaya hidup yang tinggi, bonus yang besar dan kemahsyuran yang mendunia terutama bagi tanah air yang mereka tinggalkan. Pada satu saat mereka akan menjadi legenda pada masa-nya, dan pada suatu saat merekapun akan menuai hasil atas impian dan harapan pribadi, namun dibalik semua itu mereka adalah bagian dari industri sepakbola yang akan terus maju dan berkembang sampai kepelosok desa dengan tingkat kesenangan yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Dan semakin merakyatlah sepakbola di dunia.

 
Tinggalkan komentar

Posted by pada September 20, 2011 in WISHIWIT

 

Tag: ,

Phenomenon In Lebaran Moment

kue kering

macam kue khas lebaran

“Pada setiap sisi ruang dan waktu yang kita lalui, banyak sekali orang-orang yang menjual, membuat dan menyajikan kue kering, beberapa diataranya mencoba untuk mengambil keuntungan di bulan yang penuh rahmat ini.”

Yap… Betul Bulan Ramadhan menjadi bulan yang penuh berkah bagi semua orang tak terkecuali saya sebagai penulis juga anda sebagai pembaca, barangkali saat ini sedang menawarkan produk khas lebaran yang akan digunakan atau dinikmati pada hari raya idul fitri. Hari ini tepat tanggal 19 Agustus 2011, disaat saya terpikir untuk menuliskan beberapa hal yang menjadi ciri khas dalam perayaan hari besar umat Islam dimana goalnya adalah kemenangan lahir bathin dan semoga kembali pada kesucian yang kita harapkan, maka tinggal tersisa 20 hari lagi 1 Syawal 1432 H / 1 Syawal 2011 akan kita jumpai dengan suka cita.

Kalo lah kita perhatikan, disetiap sudut, di pasar, di jalanan, di mall, di toko, ataupun di tempat ramai orang berkumpul selalu aja sajian yang dapat kita lihat, salah satunya adalah penjualan produk khas lebaran, semisal kue kering, baju koko, sarung dan pakaian ‘baru’ yang ditawarkan kepada siapa saja yang mau dan mampu membeli barang” tersebut untuk kesenangan dan pemenuhan kebutuhan sekunder ataupun tersier kita. Orang berlomba untuk mempersiapkan dirinya dan keluarganya dalam menyambut hari yang suci, segala macam kebutuhan berusaha untuk dipenuhi, segala macam pemenuhan dicari dan dibeli. Sesuatu yang masuk akal memang, karena momen ini hanya terjadi setahun sekali, bagi sebagian kalangan moment ini menjadi moment terbaik untuk berbelenja kebutuhan, dan bagi sebagian orang moment ini menjadi moment terbaik untuk menjual barang yang dirasa akan laku.

Jikalau ada suatu survei, di waktu apa/kapan terjadi lonjakan penjualan terbesar produk konsumsi setiap tahunnya, maka tidak salah moment lebaran idul fitri menjadi waktu yang sangat ‘menjual’ khususnya untuk kebutuhan sekunder baik pakaian, makanan dan lain sebagainya. Banyak orang yang menjual dan banyak orang yang membeli, orang menjual apapun di bulan ini seperti kue kering, pakaian, Asesoris, kacang-kacangan, semua hasil bumi dijual, dikeluarkan di bulan ramadhan ini, dan banyak juga orang yang mencari dan membeli barang tersebut. Di bulan inilah demand dan supply terbesar terjadi, maka tak salah jika perubahan harga dan penarikan diskon bagi konsumen terjadi di setiap sisi produk yang dijual, diskon mulai dari 10% – 70% barangkali terpangpang di jendela toko, mall, atau hall penjualan. Semua mencoba menarik pembeli untuk mengeluarkan uangnya berapapun yang dimiliki, seketika itu hasrat pembeli pun terdorong untuk memiliki barang yang terlihat dari kedua matanya untuk kebutuhan hasratnya kembali.

Kembali kita bayangkan berapa nominal perputaran uang di bulan ramadhan ini, maka kita akan takjub terhadap apa yang telah bergulir setiap tahunnya. Konsumsi di segala bidang pun akan terus bertambah seiring lama dan panjangnya liburan yang terjadi, konsumsi BBM menjadi faktor penting untuk mobilisasi pergerakan manusia dari dan menuju tempat tertentu. Hal ini pun akan berpengaruh pada konsumsi lainnya, misal restoran, tempat pariwisata, hotel dan lain sebagainya. Moment lebaran menjadi magnet terbesar bagi pengusaha untuk jor-joran memberikan penawaran terhadap barang dan jasa yang mereka jual. Namun dibalik itu ada konsekuensi terhadap penambahan pengeluaran keuangan baik personal, perusahaan maupun instansi. Satu hal yang perlu di ingat bahwa bulan ini benar untuk mensucikan diri baik harta, hati maupun nurani, agar kita selalu berada dalam kasih sayang Allah SWT dan terus diberikan rizki, kekuatan dan kesehatan agar kembali kita dapat bertemu dengan ramadhan di tahun depan, aamiin.

Tak ubahnya hukum permintaan dan pemenuhan (Deman and Supply), maka akan terjadi tingkat inflasi terhadap harga, dimana ketika permintaan tinggi harga pun akan merangkak naik, hal ini menjadi sesuatu yang nampak jelas terlihat, orang ramai menaikkan sedikit harga untuk mendapatkan keuntungan lebih dari penjualan barang atau jasa. Saya (wp-red) miris juga mengetahui hal ini, bertahun tahun saya amati yang menjadi pokok subjek terpengaruh hukum ini adalah kaum muslim / umat Islam, umat yang sangat banyak di dunia saat ini, namun kesejahteraan pun belum merata, namun harus dapat memenuhi kebutuhannya meski disaat harga tinggi pun. Bukan berarti lemah namun hal ini menjadi pemikiran saya, kenapa semua harga harus naik pada bulan ramadhan ini dan selalu saja terjadi pada kebutuhan pokok yang harus dipenuhi, Siapakah yang salah pemerintah atau pengusaha?, dan demi apakah mereka melakukan hal itu? Barangkali masih banyak pertanyaan lagi tentang hal ini yang tidak dapat kita sampaikan.

Namun dibalik semua pertanyaan tentang meningkatnya harga-harga tersebut, patut kita bersyukur bahwa selalu saja ada rizki bagi setiap muslim yang berusaha dengan baik untuk pemenuhan kebutuhannya di akhir bulan ramadhan ini. Saya yakin semua akan dapat memenangkan hari yang suci, hari yang diharapkan kita untuk kembali kepada fitrahnya masing-masing sesuai dengan kadar keimanan dan ketaqwaan yang kita laksanakan selama bulan ramadhan. Sebelum menutup tulisan yang Sedikit emosional ini, ada sesuatu hal yang ingin disampaikan yaitu “Allah SWT tidak akan merubah suatu kaum, sampai kaum itu mau berubah terhadap takdir atau keadaan yang telah terjadi” sehingga sampai kapan bangsa Indonesia ini terus dijajah oleh kekuatan apapun yang menyengsarakan, kapan kita akan sejahtera semua kembali kepada kita (rakyat) yang telah menyerahkan bangsa ini kepada para pemimpinnya.

Wallahualam bishowab… Hanya Allah yang tahu dan memiliki pengetahuan terhadapnya

 
Tinggalkan komentar

Posted by pada Agustus 22, 2011 in WIL-I-HIS

 

Tag: , ,

Business to Busy

Bagan Bisnis

Lingkaran Bisnis

Business atau bisnis adalah sebuah bentuk kesibukan (Wp-jamak kata busy). Bisnis secara nyata merupakan pekerjaan yang terjadi dimana proses menyibukan diri itu terjadi hal ini biasanya menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dalam bentuk apapun terutama uang. seorang pebisnis merupakan orang yang berjiwa sibuk atau mungkin super-sibuk dan biasanya selalu melakukan pertemuan dengan orang lain (kalangan) dimana pada saat itu terjadi hubungan yang saling menguntungkan. Bisnis juga bisa berarti barter antara barang dan uang atau jasa dan uang, pada intinya bisnis adalah peluang menghasilkan uang.

Setiap orang memiliki peluang untuk menjalankan bisnis, dan setiap orang dapat sukses dengan bisnis. Untuk memulai suatu bisnis maka kita perlu untuk mempersiapkan banyak hal, salah satunya adalah modal. Modal dapat berupa apapun, karena sejatinya modal itu bukan hanya uang saja, melainkan usaha, tekad, kegigihan, relasi, kemampuan, keahlian, dan lain sebagainya termasuk modal. Banyak kisah yang menarik tentang bisnis salah satunya penjual siomay pink, dia menjual sesuatu dengan unik dan memiliki ciri khas tersendiri dia merupakan mantan milyarder di indonesia namun berhasil melakukan inovasi dan konstruksi terhadap jajanan masyarakat yang murah meriah ini, yang dapat kita ambil pelajaran dari penjual siomay pink itu adalah bisnis itu perlu keuletan dan inovasi. Di zaman ini inovasi menjadi faktor paling penting yang diperlukan oleh setiap pebisnis,  hal inilah yang menjadi kekuatan utama dalam peta persaingan yang sangat ketat.

Kemajemukan suatu bisnis menjadi tantangan yang akan terus selalu kita hadapi, hal ini adalah proses yang sangat berat namun menarik untuk selalu dicari pemecahan. Bagi pebisnis inilah yang dicari karena semakin kompleks suatu masalah, akan semakin hebatlah pebisnis dalam mengatur, mengelola dan mengembangkan bisnis yang dimiliki. Bisnis selalu berhubungan dengan pelanggan, oleh karena itu perlu kiranya kita menghitung dan memprediksi semua keinginan pelanggan untuk sedianya sebagai wujud pelayanan terhadap pelanggan. Istilah lazim untuk perilaku pebisnis tersebut adalah kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan selalu mengacu pada faktor permintaan dan pemenuhan atas barang atau jasa yang telah dinikmati. Setiap tingkatan kepuasan berbeda satu sama lain, namun pada intinya adalah hasil dari kepuasan itu menjadikan pelanggan loyal terhadap jualan yang kita usahakan.

(tulisan ini baru bagian -1 dari tulisan tentang bisnis, semoga bisa memberikan gambaran kecil bagi penulis maupun wp pembaca – nuhun) 
 
Tinggalkan komentar

Posted by pada Juli 28, 2011 in WIL-I-HIS

 

Tag: , ,

To Our Indonesian Soccer Team

Tim Nasional IndonesiaDengung lagu Indonesia Raya saat ini semakin seiring sejalan dengan lagu sebuah band yang menaikkan dan mengangkat nama Indonesia melalui sebuah tim sepakbola kebanggan negeri tanah air tercinta. Lagu “Garuda di Dadaku” semakin terbang dan melayang jauh dan sebian diantaranya terpendam dalam dada para suporter timnas Indonesia, sayup-sayup lagu yang penuh semangat dinyanyikan dikala dukungan diberikan bagi tim sepakbola kebanggan negeri dengan kekayaan alam dan budaya terluas didunia. Kebanggan ini semakin bertambah dengan munculnya ikon-ikon baru yang lahir dalam sepakbola Indonesia menyusul proses Nasionalisasi pemain keturunan dan pemain yang telah banyak merumput dan dirasa layak menjadi bagian dari tim sepakbola nasional Indonesia. Euforia terhadap kemajuan timnas pada saat kejuaraan AFF hanya mampu menjadi runner-up ini terus menggaung seiring rampungnya kepengurusan PSSI yang baru,  rasa cinta ini berlanjut pada ajang pra-kualifikasi Piala Dunia Brasil 2014.

Pertandingan melawan Timnas Turkmenistan di negeri tersebut menjadi ajang pembuktian bagi kepengurusan PSSI baru dibawah pimpinan Djohar Arifin menjadi momen yang ditunggu oleh pecinta timnas, pada pertandingan itu, stadion tempat berlangsungnya dirasakan kurang membuat pertandingan berjalan maksimal, hal ini dikarenakan tidak beraturannya kondisi lapangan. Namun daripada itu Timnas Indonesia mampu menghasilkan hasil maksimal dalam laga tandang tersebut. Hasil imbang dengan angka 1-1 ini cukup membuat timnas aman ketika bermain kandang di stadion gelora bung karno, yap! Cukup hasil imbang 0-0 maka Timnas akan lolos ke babak berikutnya, bukan sesuatu yang mustahil karena komposisi pemain saat ini cukup mumpuni untuk melalui tahap demi tahap pra-kualifikasi World Cup brasil 2014. Dengan adanya Top scorer dan Pemain terbaik di Liga Super Indonesia Boas Salosa, rasanya permainan timnas harus lebih baik dan layak menang dengan tim yang memiliki peringkat tidak jauh dengan timnas Indonesia.

Namun daripada itu rasanya kita perlu mawas diri, jika di ASEAN kita mampu menjadi runner-up meskipun seharusnya mampu menjadi juara, maka untuk kejuaraan dengan tingkat emosi dan gengsi yang lebih tinggi perlu persiapan yang maksimal dan ketangguhan tim. Apalagi telah kita ketahui bersama bahwa timnas saat ini telah berganti pelatih dari alfred riedl ke wim, yang butuh proses adaptasi yang cepat baik pemain dan pelatih. Hal ini menjadi tantangan bagi PSSI untuk segera menghasilkan sebuah tim sepakbola Nasional yang semakin tangguh dan mampu mewujudkan harapan seluruh rakyat Indonesia.

Saya memiliki rasa optimis bahwa timnas mampu menjangkau hasil yang maksimal di kejuaran PD 2014 ini, namun ada sesuatu yang mewajibkan timnas untuk mawas diri. Persiapan yang kurang perlu didukung dengan metoda dan fasilitas pemenuhan kebutuhan berlatih dan bertanding yang baik, maka perlu rumusan yang tepat diberikan oleh pelatih baru. Selanjutnya ada angka maksimal yang perlu diraih, disamping itu ada kemampuan standar yang perlu ditetapkan, jika saja target atau kemampuan maksimal kita bisa dicapai yaitu dengan ditetapkan bahwa timnas target bermain imbang di setiap pertandingan maka akan ada poin 1 dikalikan dengan jumlah pertandingan, dengan perhitungan ini setidaknya timnas mampu berada di posisi maksimal dua. Hasil Imbang atau draw merupakan target relevan bagi timnas Indonesia ketika menghadapai timnas lain yang berada di luar ASEAN. Jadi perlu kiranya semua elemen pendukung tim nasional Indonesia untuk memberikan dukungan dan bukan lah beban bahwa timnas harus menang namun menjadikan bahwa timnas harus maksimal dalam setiap pertandingan dan kejuaraan, dan faktor maksimal itu bisa disesuaikan dengan target relevan yang dapat dicapai oleh tim nasional. Sehingga dengan itu besar harapan timnas untuk kembali menjadi macan asia itu (garuda asia) itu dapat terwujud dikemudian hari, satu hal lagi bahwa menang, imbang atau kalah slogan kita harus tetap sama “GARUDA di DADAKU”

 
Tinggalkan komentar

Posted by pada Juli 25, 2011 in WIL-I-HIS

 

Tag: , ,

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.